Ambisi Emas Olimpiade Valverde di Usia 40 Tahun
by MainSepeda - November 20, 2019

Deretan prestasi hebat telah diraih Alejandro Valverde. Di usianya yang kini menapak 40 tahun. Namun, hal itu tidak mengurangi ambisinya. Meski sudah terbilang ”tua”, pembalap asal Spanyol itu masih punya target besar tahun depan, juara Olimpiade Tokyo 2020. 

Valverde telah membela Spanyol di banyak Olimpiade. Mulai edisi 2004, 2008, 2012, sampai 2016. Namun, belum sekali pun dia meraih emas.

Untuk lebih maksimal, Valverde akan membatasi partisipasinya dalam kejuaraan tahun depan. Menjelang Olimpiade, dia hanya ikut Tour de France yang waktunya berdekatan dengan multi event paling akbar sejagad itu.

Manajer tim Movistar, Eusebio Unzue mengatakan, usia yang akan menginjak 40 tahun tak akan mereduksi motivasi Valverde untuk membalap di level tertinggi. ”Alejandro tidak memiliki balapan lain sebelum Olimpiade selain Tour de France,” kata Unzue kepada Marca.

Masa istirahat mungkin menjadi persoalan. Sebab rentang waktu antara stage terakhir Tour de France dengan Olimpiade 2020 hanya seminggu. Masa istirahat yang pendek membuat Valverde diragukan tampil maksimal di Olimpiade. Namun, itu dibantah Unzue.

"Mungkin ini bukan persiapan yang ideal. Akan tetapi, saya tidak berpikir hal itu akan menjadi masalah bagi Alejandro," imbuh Unzue. Unzue menambahkan, Movistar akan membantu Valverde untuk tampil prima di Tokyo.

Valverde adalah pembalap yang sudah tampil di tiga Grand Tour, yakni Tour de France, Giro d'Italia, dan Vuelta a Espana. Ia adalah juara Vuelta a Espana 2009. Selain itu, Valverde juga menjadi juara dunia road race 2018.

Valverde menjadi runner-up pada etape ke-20 Tour de France 2019. Ia menempati posisi kesembilan dalam general classification. Prestasi yang lebih hebat dibukukan di La Vuelta a Espana 2019. Valverde nangkring di peringkat kedua general classification

Nomor road race Olimpiade akan melombakan one day race. Fakta itu cukup menguntungkan bagi pembalap senior. Karena tidak dibutuhkan konsistensi dalam lomba yang panjang.(mainsepeda) 

Foto: Twitter Alejandro Valverde 


COMMENTS