Inilah Kuota Pembalap untuk Olimpiade 2020
by MainSepeda - November 19, 2019

Greg Van Avermaet (Belgia) memenangkan nomor road race di Olimpiade 2016

Union Cycliste Internationale (UCI) telah mengumumkan daftar negara peserta cabang olahraga balap sepeda nomor road race di Olimpiade 2020 di Tokyo. Sebanyak 130 pembalap putra, dan 67 rider putri akan bertarung nomor road race.

Tim nasional Belgia, Kolombia, Prancis, Italia, dan Belanda mendapatkan kuota terbanyak untuk kategori putra dengan masing-masing lima pembalap. Australia, Denmark, Jerman, Norwegia, Slovenia, Swiss, dan Britania Raya, memperoleh jatah empat pembalap.

Negara dengan kuota tiga pembalap per tim di antaranya adalah Austria, Kanada, Republik Ceko, Kazakhstan, Polandia, Afrika Selatan, dan Rusia. Sisanya mendapat jatah satu hingga dua slot per negara.

Cabang balap sepeda di Olimpiade 2020 akan dilangsungkan mulai 24 Juli hingga 9 Agustus. Nomor yang dilombakan selain road race ada time trial dan BMX. 

Nomor road race (elite men) putra akan diadakan pada 25 Juli 2020. Start dari Taman Musashinonomori, finis di Fuji International Speedway.

Rutenya sepanjang 234 kilometer diprediksi akan menguntungkan para climber. Ada empat tanjakan, di antaranya adalah Donushi Road , Kagosaka Pass, dan lereng luar Gunung Fuji. Total panjang tanjakannya 4.865 meter.

Rute ini diklaim cocok untuk pembalap macam Egan Bernal (Kolombia), Thibaut Pinot (Prancis), dan Vincenzo Nibali (Italia). Hanya saja belum dipastikan apakah nama-nama ini terpilih untuk membela negara masing-masing.

Sementara, nomor road race putri akan diikuti 67 pembalap. Negara-negara seperti Australia, Jerman, Italia, Belanda, dan Amerika Serikat memiliki jatah kuota terbanyak dengan empat atlet. Belgia adalah satu-satunya negara yang mengamankan tiga slot.

Negara lain mengamankan dua pembalap per tim seperti Kanada, Denmark, Spanyol, Inggris, Jepang, Norwegia, Polandia, dan Afrika Selatan. Sedangkan negara sisanya berhak atas satu tempat di Olimpiade nanti.

Balapan elite women akan diadakan 26 Juli 2020. Panjang rutenya 137 kilometer dari Taman Musashinonomori menuju Fuji International Speedway. Mereka akan melewati tanjakan di Donushi Road dan Kagosaka Pass, dengan panjang pendakian 2.692 meter.

Greg van Avermaet (Belgia) adalah adalah juara bertahan elite men setelah memenangkan medali emas di Olimpiade 2016 di Rio, Brasil. Sedangkan Anna van der Breggen (Belanda) adalah juara bertahan kategori elite women. (*)

Sementara itu, setiap negara hanya berhak menurunkan maksimal dua pembalap di nomor Individual Time Trial (ITT) yang dihelat 29 Juli 2020. Panjang rute untuk ITT putra adalah 44.2 kilometer. Sedangkan medan ITT putri sepanjang 22.1 kilometer.

Negara yang berhak menurunkan kuota maksimum untuk ITT putra adalah Australia, Belgia, Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, Selandia Baru, Polandia, Swiss, dan Amerika Serikat. Rohan Dennis (Australia), dan Tom Dumoulin (Belanda) menjadi unggulan.

Sedangkan Australia, Kanada, Jerman, Belanda dan Amerika Serikat berhak menurunkan kuota maksimal di ITT putri. Annemiek van Vleuten (Belanda) dan Chloe Dygert (Amerika Serikat) digadang sebagai unggulan.

Nantinya masing-masing kontingen wajib mengonfirmasi jumlah kuota yang akan digunakan di Olimpiade 2020. Mereka harus memastikannya pada 15 Desember 2019 mendatang.(mainsepeda)

Foto: Getty Images


COMMENTS