Bersepeda Menjadi Resep Dokter di Inggris

Bersepeda bukan sekadar berolahraga. Di Inggris, bersepeda telah menjelma menjadi sebuah obat. Bahkan, dokter di Inggris bisa meresepkan bersepeda untuk meningkatkan kesejahteraan mental pasiennya.

Hal itu yang kini terus diteliti oleh organisasi non profit Cycling UK di Inggris. Mereka memiliki program bernama Cycle for Health. Program ini telah dijalankan Cycling UK dalam empat tahun terakhir. Sebanyak 1000 orang lebih telat menjalani program ini.

Tahun lalu, sebanyak 141 orang mengikuti program ini. Mereka telah melakukan percobaan di West Yorkshire. Hasilnya sangat positif. Para pasien itu merasakan peningkatan yang signifikan dalam rasa percaya diri. Dengan bersepeda, mereka juga merasa dekat dengan orang lain, dan merasa lebih santai. 

“Feedback orang-orang yang menerapkan skema ini sangat positif. Selama 12 minggu kami melihat peningkatan besar dalam kesehatan fisik dan mental mereka,” kata Senior Project Officer Cycling UK, Tom Murray.

Menurut Cycling UK, mereka yang mengambil bagian dalam program pelatihan 12 minggu melaporkan peningkatan kepercayaan diri 32 persen. Peningkatan perasaan dekat dengan orang lain sebesar 29 persen. Peningkatan rasa relaks sebesar 26 persen.

Ketua Komite Transportasi Otoritas Gabungan West Yorkshire, Kim Groves mengakui bahwa bersepeda tak ubahnya sebuah pil ajaib. Bersepeda tak sekadar membuat orang lebih sehat dan panjang umur, namun juga lebih bahagia. 

“Skema Cycle for Health tidak hanya dalam mendorong lebih banyak orang untuk bersepeda, tetapi juga memastikan penduduk kami diberi alat yang mereka butuhkan untuk menjalani hidup yang lebih bahagia, dan lebih sehat,” ucapnya.

Salah satu yang menerima manfaat besar dari bersepeda adalah Andrea (47 tahun) asal West Yorkshire, Inggris. Andrea merasa kebugarannya maningkat. Fungsi paru-parunya juga jauh lebih baik. Tak kalah penting, ia juga merasa lebih percaya diri.

“Sekarang saya benar-benar ingin keluar, dan melakukan hal-hal lain. Terus bersepeda, tetap aktif, dan benar-benar mulai menjalani hidup saya,” bilangnya seperti yang dilansir cyclinguk.org.(mainsepeda)


COMMENTS