Inilah 19 Tim WorldTour untuk 2020, Cofidis Jadi Anggota Baru

Total 19 tim telah dinyatakan lolos verifikasi oleh UCI, dinobatkan sebagai peserta WorldTour 2020. Itu berarti semua tim yang ada tahun ini (18) plus satu tim tambahan: Cofidis Solution Credits asal Prancis.

Daftar anggota WorldTour 2020 ini diumumkan setelah rangkaian lomba resmi berakhir dengan Tour of Guangxi di Tiongkok pekan lalu. Sebagai federasi balap dunia, UCI menentukan status WorldTour berdasarkan performa, finansial, administratif, dan ethical (ketaatan regulasi).

Semula diperkirakan ada 20 tim bakal masuk WorldTour 2020. Namun hanya Cofidis yang jadi anggota baru. Meski demikian, UCI memberi kesempatan khusus bagi dua tim ProTeams (dulu disebut Pro Continental), Total Direct Energie dan Wanty-Gobert. Kedua tim ini masih berhak ikut semua lomba WorldTour walau statusnya divisi dua.

Dengan demikian, barisan ProTeams yang tersisa harus berebut mendapatkan jatah berlaga di ajang-ajang paling bergengsi. Termasuk di antaranya tiga grand tour: Giro d’Italia, Tour de France, dan Vuelta a Espana.

Praktis, hanya ada dua sisa slot tersisa di lomba-lomba itu. Plus mungkin slot ekstra kalau Total Direct Energie atau Wanty-Gobert menyatakan tidak sanggup ikut (mereka boleh mundur).

Dari daftar nama-nama itu, ada satu tim yang secara mengejutkan tidak masuk WorldTour. Yaitu Arkea-Samsic. Padahal, tim ini punya ambisi tinggi tahun depan. Termasuk dengan merekrut bintang Kolombia, Nairo Quintana. Sekarang, Arkea-Samsic dan Quintana harus berharap mendapatkan jatah undangan kalau masih ingin tmapil di Tour de France.

Berdasarkan aturan baru, 19 tim ini sebenarnya juga akan mempertahankan status WorldTour hingga akhir 2022. Karena lisensi terbaru berlaku selama tiga tahun. Bukan lagi per tahun.(mainsepeda)

 

INILAH 19 WORLDTOUR TEAM 2020-2022

1. AG2R La Mondiale

2. Astana Pro Team

3. Bahrain-Merida

4. Bora-Hansgrohe

5. CCC Team

6. Cofidis Solutions Credits

7. Deceuninck-QuickStep

8. EF Education First

9. Groupama-FDJ

10. Lotto-Soudal

11. Mitchelton-Scott

12. Movistar Team

13. Team Dimension Data (akan jadi NTT)

14. Team Ineos

15. Team Jumbo-Visma

16. Team Katusha-Alpecin (akan jadi Israel Racing Academy)

17. Team Sunweb

18. Trek-Segafredo

19. UAE Team Emirates


COMMENTS