Wow, Muncul Foto Specialized Tarmac SL7 2020

Penggemar merek sepeda Specialized, khususnya pemilik Tarmac SL6, silakan bersiap-siap. Menjual tunggangan lama, membeli tunggangan baru. Sudah muncul penampakan gambar seri penggantinya, Tarmac SL7. Fotonya sempat nongol di sosmed, sedang dijajal pembalap Bora-Hansgrohe. Tapi kemudian fotonya langsung di-delete.

Kalau melihat fotonya, frame itu masih hitam polos. Jadi tidak mudah melihat detailnya, membedakan dengan Tarmac SL6. Tapi, kalau menghitung berlalunya waktu, memang sudah tiba waktunya Specialized merilis produk baru.

Biasanya, produsen asal Morgan Hill, California, itu meng-update sepeda setiap tiga tahun. Tarmac SL6 sudah beredar sejak 2017. Jadi, seharusnya, ada model baru untuk 2020. Sangat wajar kalau akhir tahun ini para pembalap yang mereka sponsori sudah menjajal sepeda baru itu. Mereka mungkin sudah akan mengendarainya secara resmi sejak Januari, saat WorldTour dimulai di Australia.

Sekilas, kalau melihat gambar, tidak ada beda banyak antara sepeda baru ini dengan SL6. Sekali lagi, warna hitam polos membuat sulit memperhatikan detail.

Bentuk dasarnya sama, dengan dropped seatstay di bagian belakang. Dari depan, sangat pipih, kembali menunjukkan betapa Specialized begitu mengedepankan aerodinamika.

Tampilan depan ini menjadi semakin “bersih,” karena Specialized merombak tatanan kabel. Tidak lagi dari handlebar ke downtube, melainkan masuk lewat head tube.

Bagian unik lain adalah seatpost. Bentuknya aero alias lebih pipih, tapi ada bagian membesar di ujung atas. Tepat di bawah sadel. Masih belum jelas itu untuk apa. Bisa jadi untuk kebutuhan grupset elektronik (baterai atau aksesorinya), bisa untuk profil lebih aero, atau bisa juga untuk membuat seatpost ini lebih nyaman.

Untuk mengetahui yang sebenarnya, kita tentu harus menunggu hingga Specialized benar-benar merilis Tarmac SL7. Bisa saja sudah nongol Januari 2020. Atau mungkin dimundurkan hingga Maret atau bahkan Mei, diluncurkan secara global sebelum Tour de France 2020 berlangsung di penghujung Juni.

Oh ya, jangan kaget pula kalau Tarmac SL7 bakal hanya tersedia dalam konfigurasi disc brake. Karena Specialized termasuk yang paling agresif mempromosikannya dalam beberapa tahun terakhir.(mainsepeda)


COMMENTS