Nibali Pilih Lewatkan Tour de France demi Olimpiade Tokyo

Pembalap top Italia Vincenzo Nibali dikabarkan berniat absen di Tour de France tahun depan. Hal itu dilakukan rider 34 tahun itu karena dia ingin fokus ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.
 
Rute serta jadwal Tour de France 2020 telah dirilis di Paris, Perancis, Selasa pagi (15/10) waktu setempat. Membentang dari Nice ke Paris. Tour de France edisi ke-107 itu akan digelar pada 27 Juni hingga 19 Juli 2020.
 
Nah, jadwal Tour de France musim depan tersebut memang berdekatan dengan Olimpiade 2020. Jeda antara kedua event itu hanya enam hari. Menurut jadwal, cabang balap sepeda di Olimpiade sendiri akan digeber mulai 25 Juli hingga 9 Agustus.
 
Menurut laporan La Gazzetta dello Sport, Nibali sangat ingin mendapatkan medali emas di Olimpiade. Pasalnya, itu adalah salah satu gelar prestise yang belum pernah diraih sepanjang karir profesionalnya di balap sepeda.
 
Ia rela melakukan apa pun demi medali emas Olimpiade. Termasuk absen di Tour de France 2020. Langkah Nibali dianggap bijak. Apalagi, performa Nibali di Tour de France memang tak terlalu memukau seusai menujuarai balapan itu pada 2014 silam.
 
Bukan hanya itu, persaingan di Tour de France 2020 diprediksi sangat sengit. Sang mega bintang Chris Froome akan turun di ajang ini. Froome bakal mendapatkan dukungan dari rekannya di Team Ineo yang juga juara bertahan Tour de France, Egan Bernal.
 
Selain duet Froome dan Bernal di Ineos, deretan pembalap yang dimiliki Jumbo-Visma juga mengerikan. Tim asal Belanda itu diperkuat Steven Kruijswijk, Tom Dumoulin, dan Primoz Roglic. Roglic merupakan pembalap nomor satu di ranking UCI saat ini.
 
Sementara itu, Nibali tak lagi membalap untuk Bahrain-Merida musim depan. Ia sudah menjadi bagian dari tim Trek-Segafredo hingga akhir musim 2021. Bersama Trek-Segafredo, Nibali ingin meraih gelar ketiganya di Giro d'Italia.
 
Selain itu, Nibali juga mematok gelar di kejuaraan dunia balap sepeda road race 2020 di Swiss. “Musim 2019 tidak lah super. Tetapi pada musim 2020, dengan pergantian tim, saya memiliki optimisme yang bagus,” ucap Nibali kepada OA Sport.(mainsepeda)

 

Foto: Getty Images


COMMENTS