Lebih Kejam Lagi, Rute Kejuaraan Dunia 2020

Grégory Devaud, Barry the St. Bernard (maskot), David Lappartient (Presiden UCI) dan Alexandre Debons.



Rute UCI Road World Championships dalam beberapa tahun terakhir tergolong kejam. Rute di Innsbruck, Austria, pada 2018 memiliki tanjakan “halus” cukup panjang yang harus dilewati beberapa kali. Rute di Yorkshire, Inggris, tahun ini terus naik turun tidak memberi kesempatan untuk “bernafas.”

Tren “kejam” ini akan berlanjut untuk 2020. Bahkan, bisa dibilang rute di Swiss itu akan lebih kejam dari tahun ini. Penyelenggara kejuaraan dunia 2020, Alexandre Debons dan Gregory Devaud, memperkenalkan rute itu bersama Presiden UCI David Lappartient di Harrogate, di tengah-tengah berlangsungnya kejuaraan tahun ini.

Pada September 2020, semua lomba akan berakhir di Martigny. Menu utamanya, yang akan digunakan oleh semua road race, akan dimulai di Aigle, tempat UCI berpusat. Dari sana, lomba menuju sirkuit sepanjang 20 km yang memiliki sebuah tanjakan menyeramkan. Yaitu Cote de la Petite Forclaz. Panjangnya “hanya” 4 km, tapi kemiringan rata-ratanya 10,2 persen dengan bagian tercuram 14,5 persen!

Profil pendakian Cote de la Petite Forclaz


Rencananya, kateogori elite men akan mengelilingi lintasan ini tujuh kali, men U23 lima kali, elite women dan men junior tiga kali, sedangkan junior women hanya satu kali.

Ya, itu berarti harus melewati tanjakan seram itu beberapa kali!

Belajar dari beberapa tahun terakhir, penyelenggara juga memutuskan untuk mengubah urutan lomba. Kategori elite men, yang selalu jadi tontonan utama, akan dijadikan pembuka dan penutup. Elite men individual time trial (ITT) jadi even pembuka, elite men road race jadi even penutup.

“Even ini berlangsung di kandang UCI sendiri. Saya yakin akan meninggalkan kesan luar biasa untuk generasi sekarang dan masa depan,” kata Lappartient. (mainsepeda)

Maskot UCI 2020 Barry the St. Bernard di tanjakan Petite Forclaz.

 

Kalender UCI Road World Championships 2020 di Swiss

20 September – Elite men ITT (46 km)

21 September – Junior ITT (men 27 km, women 22 km)

22 September – Under 23 men ITT (29 km), elite women ITT (34 km)

23 September – Mixed Relay Team Time Trial

25 September – Road race: Junior women (69 km), U23 men (162 km)

26 September – Road race: Elite women (123 km), Junior men (123 km)

27 September – Road race: Elite men (244 km)

 

Foto-foto: UCI


COMMENTS