Samuele Battistella Juara U23 setelah Nils Eekhoff Didiskualifikasi

 

Drama dan kontroversi mewarnai ending kategori men U23 road race di UCI World Championships 2019 di Yorkshire, Inggris, Jumat (27 September, Sabtu dini hari WIB). Nils Eekhoff dari Belanda berhasil memenangi sprint, namun didiskualifikasi satu jam kemudian. Keputusan final juri, Samuele Battistella dari Italia dinyatakan sebagai juara dunia.

Lomba yang berlangsung 173 km dari Doncaster ke Sirkuit Harrogate itu memang berlangsung mendebarkan. Sejumlah kecelakaan terjadi, mengakibatkan sejumlah pembalap harus kerja keras kembali mengejar peloton.

Hujan dan jalanan basah membuat situasi semakin seru.

Pada 10 km sebelum finis, sebuah kelompok kecil terbentuk memburu kemenangan. Terdiri atas tujuh pembalap mewakili tujuh negara yang berbeda. Adu taktik pun terjadi di km terakhir, sebelum akhirnya adu sprint yang dimenangkan oleh Eekhoff.

Tapi, hasil resmi tak segera diumumkan. Satu jam kemudian, UCI mengumumkan bahwa Eekhoff telah didisualifikasi. Alasannya, saat mengejar peloton di tengah lomba, dia terlalu lama drafting alias menguntit mobil tim nasionalnya.

Nils Eekhoff (oranye) sempat melakukan selebrasi usai finish pertama. 

 

 

Perlu waktu agak lama, karena “wasit video” harus benar-benar mengamati rekaman lomba.

Pada akhirnya, Samuele Battistella juara dunia men U23, diikuti Stefan Bissegger (Swiss) dan Thomas Pidcock (Inggris) melengkapi podium.

Usai segala kehebohan, kepada Battistella berbicara kepada media. Dia mengaku tetap merasa sebagai seorang juara dunia. “Dia (Eekhoff) didiskualifikasi dan ada alasan kenapa dia bukan juara dunia. Saya merasakan kesedihannya tapi sayalah juaranya,” katanya.

Sabtu ini (28 September), UCI Road World Championships 2019 berlanjut dengan kategori women elite road race. Diikuti Minggu dengan even puncak: Men elite road race. (mainsepeda) 

 


UCI Road World Championships 2019
Hasil Men U23 Road Race

1. Samuele Battistella (Italia) 3 jam 53 menit 52 detik

2. Stefan Bissegger (Swiss)

3. Thomas Pidcock (Inggris)

4. Sergio Higuita (Kolombia)

5. Andreas Lorentz Kron (Denmark)

Foto: Getty Images dan Oasport


COMMENTS