Calon Dokter dari Jepang Rebut Juara Etape, Jesse Ewart Pertahankan Yellow

Etape ketiga International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 menjadi milik pembalap asal Jepang, Kakeru Omae (Aisan Racing Team). Etape ketiga yang berlangsung Jumat (27 September), menempuh jarak terpendek, yakni 109.3 kilometer. Para pembalap berkeliling pusat Kota Banyuwangi sebanyak 12 kali. Start dan finisnya di depan kantor bupati Banyuwangi.

Kakeru Omae menyelesaikan etape ketiga dengan catatan waktu 2 jam 36 menit 53 detik. Posisi kedua ditempati Blake Quick dari St George Continental Cycling Team. Tempat ketiga diduduki Mohammad Ganjkhanlou dari Foolad Mobarakeh Sepahan.

“Saya sangat senang karena ini adalah gelar juara pertama dalam karier profesional saya,” ujar Kakeru yang tercatat sebagai mahasiswa fakultas kedokteran di Keio University, Jepang.

Kakeru sebenarnya bukan pembalap unggulan. Selain statusnya sebagai pembalap baru di Aisan, ia juga pertama kali ikut ITdBI. Selain itu, ia lebih banyak berada di rombongan besar sepanjang etape ketiga.

Pembalap 22 tahun itu baru melancarkan aksinya pada 200 meter menjelang finis. Bersama puluhan pembalap lainnya, ia beradu sprint menuju garis akhir. Pembalap senior Aisan, Damien Monier yang membuka ruang bagi Kakeru untuk melaju terdepan.

“Sebenarnya Jason Christie yang seharusnya melarikan diri dari rombongan. Akan tetapi, dia gagal escape dari peloton,” jelasnya. “Oleh sebab itu, saya berterima kasih kepada rekan-rekan setim atas dukungannya kepada saya,” imbuh Kakeru.

Nasib tragis dialami pembalap KFC Cycling Team, Muhammad Abdurrohman. Arek Suroboyo ini sebenarnya memimpin balapan pada dua lap terakhir. Ia berada di garis terdepan hingga beberapa ratus meter menjelang finis. Sayang, ia gagal menang.

“Saya merasa kecewa karena tertangkap peleton pada 200 meter menjelang finis. Mungkin karena sudah kelelahan. Selain itu, saya breakaway sendirian. Tanpa teman. Meski demikian saya tetap optimistis untuk etape terakhir,” sebutnya.

Kemenangan Kakeru tak berdampak ke klasemen umum kategori pembalap. Jesse Ewart (Team Sapura Cycling) masih berada di peringkat pertama walaupun finish di posisi ke-51. Ia masih berhak mengenakan yellow jersey di etape terakhir nanti.

“Saya senang dengan hasil pertandingan hari ini. Saya akan berusaha mempertahankan posisi ini di etape terakhir nanti,” ucap Ewart. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 International Tour de Banyuwangi Ijen 2019 (Sepuluh Besar)

1. Kakeru Omae, Aisan Racing Team 2 jam 36 menit 53 detik

2. Blake Quick, St George Cintinental Cycling Team +0 detik

3. Mohammad Ganjkhanlou, Foolad Mobarakeh Sepahan +0

4. Stephan Bakker, Global Cycling Team +0

5. Ziseng Li, Tianyoude Hotel Cycling Team +0

6. Jamalidin Novardianto, PGN Road Cycling Team +0

7. Benjamín Prades, Team UKYO +0

8. Nur Amirul Fakhruddin Mazuki, Terengganu Inc. TSG Cycling Team +0

9. Jason Christie, Aisan Racing Team +0

10. Akmal Hakim Zakaria, Team Sapura Cycling +0

General Classification Setelah Etape 3 (Sepuluh Besar)

1. Jesse Ewart, Team Sapura Cycling 09 jam 14 menit 41 detik

2. Robbie Hucker, Team UKYO +0.01 detik

3. Michael Vink, St George Continental Cycling Team +0.07

4. Jonel Carcueva, Team Go For Gold +0.32

5. Maral-Erdene Batmunkh, Terengganu Inc. TSG Cycling Team +0.41

6. Marcos Garcia Fernandez, Kinan Cycling Team +0.57

7. Selamat Juangga, KFC Cycling Team +2.58

8. Aiman Cahyadi, PGN Road Cycling Team +4.04

9. Ismael Jr. Grospe, Go For Gold, +4.12

10. Cristian Raileanu, Team Sapura Cycling +4.14

 


COMMENTS