Belanda Juara TTT Mixed Relay

Kompetisi utama UCI Road World Championships 2019 resmi dimulai di Yorkshire, Inggris. Sebanyak sebelas tim mengikuti ajang team time trial mixed relay, Minggu (22 September). Belanda berhasil menang meyakinkan, meraih medali emas mengalahkan Jerman dan tuan rumah Inggris.

Ajang team time trial mixed relay ini adalah kategori baru. Melibatkan negara lawan negara, dan masing-masing negara menurunkan tiga pembalap laki-laki dan tiga perempuan.

Dalam formatnya, tiga pembalap laki-laki turun duluan, mencoba mencatat waktu secepat mungkin mengelilingi Sirkuit Harrogate yang naik-turun sepanjang 14 km. Begitu para laki-laki finis (minimal dua orang), giliran tiga perampuan mengelilingi sirkuit tersebut. Sama, minimal dua perempuan harus melewati garis finis. Waktu tercepat dalam total 28 km itulah yang menjadi jawara.

Even ini menggantikan kompetisi team time trial, yang hingga tahun lalu melibatkan tim-tim profesional. Karena kesulitan mendapatkan dukungan penuh dari tim-tim itu, UCI pun menggantinya dengan format mixed relay ini.

Total, hanya sebelas tim turun di ajang perdana ini. Sepuluh negara plus tim pilihan UCI yang melibatkan pembalap dari sejumlah negara.

Walau peserta tidak banyak, persaingan tetap seru. Apalagi, hujan membuat lintasan licin, menambah tantangan. Tim Inggris, yang turun di kelompok pertama, sempat lama memimpin klasemen. Hingga akhirnya tiga tim terakhir mengancam.

Belanda, yang turun terakhir, benar-benar tidak terbendung. Mereka menurunkan Lucinda Brand, Riejanne Markus, Amy Pieters, Koen Bouwman, Bauke Mollema, dan Jos van Emden.

Mereka menuntaskan rute 28 km dalam waktu 38 menit dan 28 detik. Unggul 23 detik atas Jerman, 51 detik atas Inggris.

Seharusnya, Italia punya kans naik podium. Sayang, hanya sekitar 6 km sebelum finis, Elisa Longo Borghini mengalami ban bocor. Alhasil, mereka kalah tipis lima detik dari Inggris.

“Ini menakjubkan. Kami belum benar-benar bisa menikmatinya karena kami baru saja finis. Tapi ini keren sekali,” kata Lucinda Brand usai finis.

Brand lantas menegaskan kesan terhadap Sirkuit Harrogate yang akan digunakan sepanjang pekan ini. “Pendek tapi sangat berat,” ujarnya.

Senin ini (23 September), kalender UCI Road World Championships 2019 akan berlanjut dengan individual time trial (ITT) junior men dan women. (mainsepeda)

UCI Road World Championships 2019

Hasil Team Time Trial Mixed Relay

1. Belanda, 38 menit 28 detik

2. Jerman + 23 detik

3. Inggris + 51

4. Italia + 56

5. Prancis + 1 menit 23 detik

6. Swiss + 1:27

7. Slovenia + 1:57

8. Denmark + 2:04

9. Belgia + 2:33

10. Spanyol + 2:43

11. UCI World Cycling Centre + 3:28

 

 


COMMENTS