Tabrakan besar mewarnai kilometer terakhir Etape 14 Vuelta a Espana 2019, Sabtu (7 September). Saat peloton melaju kencang menuju garis finis di Oviedo, puluhan pembalap bersenggolan dan berserakan di jalan.

Hanya sekitar selusin pembalap “lolos” di depan peloton dan mendapat kesempatan untuk berburu kemenangan. Sam Bennett (Bora-Hansgrohe) melejit sendirian pada beberapa ratus meter terakhir, sama sekali tak terkejar oleh yang lain. Ini adalah kemenangan keduanya di La Vuelta 2019. Max Richeze (Deceuninck-QuickStep) finis di urutan kedua.

Usai etape, Bennett mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan setimnya. “Mereka menempatkan saya pada posisi yang baik di akhir etape,” ucapnya.

Etape 14 ini seharusnya berakhir dengan bunch sprint. Rute 188 km dari San Vicente de la Barquera ini tergolong paling datar di La Vuelta tahun ini.

Benar saja, dengan 4,5 km tersisa, peloton sudah berhasil menangkap kelompok breakaway. Setelah itu, masing-masing tim mulai mengatur posisi. Tim pemburu juara overall mulai mundur teratur untuk main aman, sementara tim pemburu sprint melaju ke depan untuk mengatur “kereta.”

Kelompok besar ini melaju kencang, di atas 60 km per jam, saat melewati penanda km terakhir. Tiba-tiba saja, ada yang bersenggolan di “leher” peloton, membuat puluhan orang berjatuhan. Beberapa tampak mengalami cedera parah, khususnya Luka Mezgec (Mitchelton-Scott).

Termasuk yang jatuh adalah para unggulan general classification (GC). Untung tidak ada yang parah di antara para unggulan ini, sehingga posisi sepuluh besar tidak berubah. Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dengan gagah masih mempertahankan red jersey, unggul 2 menit dan 25 detik atas Alejandro Valverde (Movistar).

Semua tentu berharap tidak mengalami masalah lain malam hari setelah Etape 14 berakhir. Sebab, Minggu dan Senin ini (8-9 September) persaingan GC akan kembali jadi menu utama.

Etape 15 dan 16 sama-sama etape gunung. Bahkan, dua etape ini mungkin akan jadi penentu. Apakah Primoz Roglic bakal jadi juara overall di penghujung lomba nanti.

Sebab, pada pekan terakhir, hanya tersisa satu summit finish (finis di puncak). Jadi, dia yang unggul usai Etape 16 kemungkinan bisa bertahan sampai akhir Etape 21! (mainsepeda)

Hasil Etape 14 Vuelta a Espana 2019 (Top Ten)

1. Sam Bennett (Irlandia) Bora-Hansgrohe, 4:28:46

2. Max Richeze (Argentina) Deceuninck – Quick-Step

3. Tosh Van der Sande (Belgia) Lotto-Soudal, + 2 detik

4. Marc Sarreau (Prancis) Groupama-FDJ, + 5 detik

5. Clément Venturini (Prancis) Ag2r La Mondiale

6. Marc Soler (Spanyol) Movistar

7. Jonas Koch (Jerman) CCC

8. John Degenkolb (Jerman) Trek-Segafredo

9. Max Walscheid (Jerman) Sunweb

10. Szymon Sajnok (Polandia) CCC Team

General Classification usai 14 dari 21 Etape

1. Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma, 53:49:19

2. Alejandro Valverde (Spanyol) Movistar, + 2:25

3. Tadej Pogacar (Slovenia) UAE Team Emirates, + 3:01

4. Miguel Angel Lopez (Kolombia) Astana, + 3:18

5. Nairo Quintana (Kolombia) Movistar, + 3:33

6. Rafal Majka (Polandia) Bora-Hansgrohe, + 6:15

7. Nicolas Edet (Prancis) Cofidis Solutions Credits, + 7:18

8. Carl Fredrik Hagen (Norwegia) Lotto-Soudal, + 7:33

9. Wilco Kelderman (Jerman) Team Sunweb, + 7:39

10. Dylan Teuns (Belgia) Bahrain-Merida, + 9:58

Foto : Getty Images

 


COMMENTS