Fabio Jakobsen Menang Photo Finish atas Sam Bennett

Ending Etape 4 Vuelta a Espana 2019 sangatlah ketat, hingga photo finish pun masih sulit untuk menentukan siapa pemenang adu sprint. Pada akhirnya, Fabio Jakobsen (Deceuninck-QuickStep) dinyatakan sebagai pemenang. Menang hanya selisih milimeter atas Sam Bennett (Bora-Hansgrohe).

Sesuai prediksi, Etape 4 Selasa (27 Agustus) berakhir dengan bunch sprint. Sebuah tanjakan di tengah etape sepanjang 175,5 km, plus jalanan berliku memasuki kota El Puig, tidak cukup untuk memecah belah peloton.

Remi Cavagna (Deceuninck-QuickStep), sempat mencoba peruntungan dan melarikan diri 5,5 km dari finis. Namun dia tertangkap peloton pada km terakhir. Setelah itu, tinggal siapa bisa melejit paling kencang menuju finis.

Jakobsen, 22, melejit duluan dari sisi kanan jalan. Bennett, pemenang Etape 3, mencoba menguntit lalu menyalip dari sisi kiri. Saat melintasi garis finis, seolah-olah keduanya imbang. Bahkan photo finish pada awalnya sulit untuk menentukan siapa yang menang.

Pada akhirnya, juri lomba menentukan Jakobsen-lah pemenangnya. Ini merupakan kemenangan pertama pembalap Belanda itu di sebuah grand tour.

Jakobsen mengaku baru tahu dia menang setelah mendapat informasi dari tim. “Saat saya melempar sepeda melewati garis, saya menutup mata,” akunya.

Karena ini etape datar, tidak ada perubahan di general classification (GC). Para pemburu gelar overall finis aman di peloton. Nicolas Roche (Team Sunweb) masih mengenakan red jersey, unggul hanya dua detik atas Nairo Quintana (Movistar).

Tapi, gencatan senjata ini segera berakhir. Setelah dua hari berturut-turut adu sprint, Etape 5 Rabu ini (28 Agustus) bakal menjadi hari mendebarkan bagi para pemburu juara overall. Inilah etape gunung pertama, berakhir di tanjakan kategori 1, Alto de Javalembre, di ketinggian 1.950 meter.

Di penghujung Etape 5 ini, kandidat juara akan semakin terseleksi. Mampukah Nicolas Roche mempertahankan red jersey? Ataukah jersey tanda pemimpin GC itu berpindah badan lagi? (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Vuelta a Espana 2019 (Top Ten)

1. Fabio Jakobsen (Belanda) Deceuninck-QuickStep 04:04:16

2. Sam Bennett (Irlandia) Bora-Hansgrohe

3. Maximilian Walscheid (Jerman) Team Sunweb

4. Fernando Gaviria (Kolombia) UAE Team Emirates

5. Luka Mezgec (Slovenia) Mitchelton-Scott

6. Marc Sarreau (Prancis) Groupama-FDJ

7. Szymon Sajnok (Polandia) CCC Team

8. Edvald Boasson Hagen (Norwegia) Dimension Data

9. Jon Aberasturi Izaga (Spanyol) Caja Rural-Seguros RGA

10. Juan Sebastian Molano (Kolombia) UAE Team Emirates

General Classification usai 4 dari 21 Etape

1. Nicolas Roche (Irlandia) Team Sunweb 13:55:30

2. Nairo Quintana (Kolombia) Movistar Team 0:00:02

3. Rigoberto Uran (Kolombia) EF Education First 0:00:08

4. Mikel Nieve (Spanyol) Mitchelton-Scott 0:00:22

5. Miguel Angel Lopez (Kolombia) Astana Pro Team 0:00:33

6. Primoz Roglic (Slovenia) Team Jumbo-Visma 0:00:35

7. Sergio Andres Higuita Garcia (Kolombia) EF Education First 0:00:37

8. Wilco Kelderman (Belanda) Team Sunweb 0:00:38

9. Davide Formolo (Italia) Bora-Hansgrohe 0:00:46

10. Rafal Majka (Polandia) Bora-Hansgrohe


COMMENTS