“Sepeda itu mempesona.” Hanya itu alasan Johnny Ray terus mengoleksi sepeda. Mulai dari sepeda berbahan karbon, steel, titanium, touring bike, sepeda lipat, hingga mountain bike.

Salah satu koleksinya adalah English Bike. “Saya sangat mengagumi Rob English. Sejak ketika dia masih bekerja di Bike Friday dan setelah dia membuat hour record tahun 2007 lalu. Rob menempati peringkat ke-10 sebagai rekor jarak tempuh terjauh dalam satu jam menggunakan sepeda,” bilang Johnny Ray.

Setelah Rob keluar dari Bike Friday tahun 2009, dia membuat sepeda sendiri. Dengan namanya jadi merek, English Bike. Workshopnya ada di Eugene, Oregon, Amerika Serikat.

“Saya kirim email menanyakan apakah saya bisa membeli sepeda English karena bobot saya waktu itu masih di atas 100 kg dan belum percaya diri menggunakan sepeda karbon,” tukasnya. Bertukarlah email beberapa kali dan Johnny akhirnya membeli English Bike pertama yakni tipe V3. Frame berbahan besi dengan seatmast karbon.

Tahun lalu, 2018, ketika Johnny menanyakan parts custom ke Rob, malah ditawari sepeda limited edition hanya ada 10 unit di dunia! Itu adalah sepeda memperingati 10 tahun Rob English berkarya di industri sepeda.

“Selain hanya ada 10 unit sedunia, mayoritas partsnya dari Amerika,” bangga Johnny. Langsung Johnny tertarik dan memesannya. “Buat saya, English Bike adalah bagian dari sejarah bersepeda saya. English inilah sepeda road bike pertama saya,” bilang Johnny Ray.

10th anniversary limited edition, itulah nama sepeda itu. Dan 10 persen dari hasil penjualannya akan disumbangkan ke Lighthouse Farm Sanctuary di Oregon. “Waiting time pesan frame English Bike adalah dua tahun!” tutup Johnny Ray. (mainsepeda)

Spesifikasi English 10th anniversary limited edition

Frame : pipa Vari-wall (Ohio) dan fitting Paragon (California)

Fork : HIA Velo Carbon Road (Arkansas)

Headset : EC Custom (Oregon) dengan Cane Creek 110 bearings

Stem : EC lightweight (Oregon)

Seatpost : Eriksen Sweetpost (Colorado)

Crank/BB : Lightning Carbon (California)

Hub : Alto (Florida)

Rim : Enve (Utah)

Skewers: Paul Components (California)

Bottle cage : Silca Titanium dengan custom engraving (Indiana)

* Beberapa parts yang tidak dapat ditemukan di Amerika Serikat:

Ban : Schwalbe Pro One

Handlebar : FSA SLK

Rem : Cane Creek EE (dirakit di North Carolina)

Chainring : Rotor

Spokes: Sapim

Grupset : SRAM eTap

Rantai : KMC X11SL

 


COMMENTS