Thibaut Pinot Perkasa di Tourmalet, Julian Alaphilippe Pertahankan Yellow Jersey

Prancis berpesta di Etape 14 Tour de France 2019, Sabtu (20 Juli). Tampil disaksikan langsung oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron, bintang-bintangnya meraih sukses di etape yang paling mendebarkan itu. Etape yang hanya berlangsung 117,5 km, namun berakhir di puncak gunung “monster,” Col du Tourmalet.

Pembalap Groupama-FDJ, Thibaut Pinot, berhasil memenangi etape tersebut. Membahagiakan publik Prancis. Di belakangnya, Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) mampu finis kedua, dan tetap mempertahankan yellow jersey. Semakin membuat bahagia publik Prancis.

Sekarang, Prancis benar-benar punya harapan bakal punya pemenang overall di Tour de France 2019. Di Tourmalet, kedua bintangnya mampu menghancurkan para pesaing, para unggulan, para pembalap yang lebih dijagokan jadi juara.

Etape ini benar-benar eksplosif. Para pembalap langsung tancap gas sejak awal. Tidak ingin ada breakaway yang terlalu kuat. Lalu, pada 20 km terakhir, saat mencapai kaki Tourmalet, “perang” pun dimulai.

Semua unggulan ada di depan. Kecuali Romain Bardet (AG2R La Mondiale), yang sudah dirontokkan di tanjakan sebelumnya Col du Soulor.

Kemudian, dalam 20 km itu, semua mencoba saling merontokkan. Pertama-tama, pasukan Movistar berbaris di depan, melaju secepat mungkin untuk merontokkan para pesaing. Team Ineos berbaris di belakang mereka.

Saat itulah, para unggulan mulai rontok. Adam Yates (Mitchelton-Scott) sudah “putus” di kaki Tourmalet. Nairo Quintana (Movistar), jadi korban rekan setim sendiri, rontok saat etape masih sisa 10 km. Richie Porte (Trek-Segafredo) juga copot.

Dengan 2 km tersisa, gantian Jumbo-Visma menyeret rombongan di depan, mencoba mengantarkan kapten tim itu, Steven Kruijswijk, menjadi juara.

Saat itulah, Geraint Thomas, sang juara bertahan dari Team Ineos, jadi korban. Rontok tertinggal bersama unggulan lain, Rigoberto Uran (EF Education First) dan Jakob Fuglsang (Astana).

Pada km terakhir, praktis hanya enam pembalap tersisa. Pinot pun tancap gas pada 200 meter terakhir, merebut juara. “Ini salah satu kemenangan terbaik dalam karir saya. Tak perlu diragukan lagi,” kata Pinot usai menuntaskan etape.

Julian Alaphilippe, yang seharusnya bukan climber murni, mampu tampil super dan menang adu sprint atas Kruijswijk merebut posisi kedua.

Dengan hasil ini, Alaphilippe benar-benar tidak boleh diragukan lagi kemampuannya. Pembalap 27 tahun itu sudah menang etape time trial, dan sekarang mampu bersaing di tanjakan panjang dan tinggi.

Seharusnya, di Tourmalet inilah Alaphilippe mulai rontok. Tapi dia justru memperkokoh posisi di puncak. Sekarang dia unggul lebih dari 2 menit atas Geraint Thomas di klasemen general classification (GC).

Hebatnya lagi, Alaphilippe melakukannya nyaris tanpa rekan setim. Satu-satunya rekan setim yang bisa membantu, Enric Mas, tidak mampu bersaing di Tourmalet.

Minggu ini (21 Juli), Alaphilippe akan kembali diuji. Etape 185 km ini juga finis di tanjakan, di Prat d’Albis. Tidak seekstrem Tourmalet, tapi bisa menjadi kendala. Para pesaing akan kembali mencoba merontokkannya. Tapi melihat performa di Tourmalet ini, sangat sulit untuk meninggalkan seorang Alaphilippe! (mainsepeda)

Hasil Etape 14 Tour de France 2019 (Top Ten)

1. Thibaut Pinot (Prancis) Groupama-FDJ 3:10:20

2. Julian Alaphilippe (Prancis) Deceuninck-QuickStep 0:00:06

3. Steven Kruijswijk (Belanda) Team Jumbo-Visma 0:00:06

4. Emanuel Buchmann (Jerman) Bora-Hansgrohe 0:00:08

5. Egan Bernal (Kolombia) Team Ineos 0:00:08

6. Mikel Landa (Spanyol) Movistar Team 0:00:14

7. Rigoberto Uran (Kolombia) EF Education First 0:00:30

8. Geraint Thomas (Inggris) Team Ineos 0:00:36

9. Warren Barguil (Prancis) Arkéa Samsic 0:00:38

10. Jakob Fuglsang (Denmark) Astana Pro Team 0:00:53

General Classification usai 14 dari 21 Etape

1. Julian Alaphilippe (Prancis) Deceuninck-QuickStep 56:11:29

2. Geraint Thomas (Inggris) Team Ineos 0:02:02

3. Steven Kruijswijk (Belanda) Team Jumbo-Visma 0:02:14

4. Egan Bernal (Kolombia) Team Ineos 0:03:00

5. Emanuel Buchmann (Jerman) Bora-Hansgrohe 0:03:12

6. Thibaut Pinot (Prancis) Groupama-FDJ 0:03:12

7. Rigoberto Uran (Kolombia) EF Education First 0:04:24

8. Jakob Fuglsang (Denmark) Astana Pro Team 0:05:22

9. Alejandro Valverde (Spanyol) Movistar Team 0:05:27

10. Enric Mas (Spanyol) Deceuninck-QuickStep 0:05:38

Foto : Bettini Photo dan Getty Images

 


COMMENTS