Bagi atlet/penggemar triathlon, masalah sepeda termasuk yang utama. Kalau ingin benar-benar cepat, harus invest memakai sepeda khusus triathlon atau time trial. Dan itu mahal. Kalau pakai sepeda road biasa, praktis untuk sehari-hari, tapi akan kehilangan banyak waktu saat lomba.

Banyak yang mengakalinya dengan memakai sepeda aero road, yaitu sepeda road tapi dengan frame yang didesain untuk membelah angin. Lantas menambahinya dengan clip-on aerobar agar bisa melakukan posisi TT yang baik.

Belakangan, ini sulit dilakukan. Pasalnya, kebanyakan sepeda aero road sekarang serba terintegrasi komponennya. Misalnya, stem dan handlebar-nya khusus, tidak bisa dipasangi clip-on aerobar biasa.

Rupanya, produsen terbesar Amerika, Trek, melihat peluang ini. Mereka pun merilis spek khusus sepeda aero termutakhir mereka: Trek Madone SLR Disc. Dengan menambahkan nama “Speed” di ujungnya.

Secara keseluruhan, Trek Madone SLR Disc Speed memiliki frame dan komponen hampir sama dengan yang sekarang sudah beredar. Bedanya ada pada stem, yang dengan mudah bisa dipasangi Speed Concept Mono Bar Extension. Cukup dengan memutar dua baut, aero extension ini bisa dipasang dan dilepas.

Bagi yang tidak ingin beli full bike, stem dan komponen tambahan ini bisa dibeli secara terpisah. Tapi hanya kompatibel untuk Trek Madone SLR terbaru.

“Anda (sekarang) bisa berlatih bersama grup tanpa (aerobar tambahan), lalu memasangnya saat hari lomba. Ini opsi pintar untuk kebanyakan orang yang mengikuti triathlon atau time trial,” kata Jordan Roessingh, direktur road product Trek.

Memang, menggunakan sepeda khusus triathlon dan time trial masih akan lebih cepat. Masalahnya, sepeda khusus itu hanya punya satu kegunaan dan harganya bisa selangit. Trek Madone SLR juga bukan sepeda murah. Tapi paling tidak, sekarang ada opsi ekstra untuk penggunaannya. (mainsepeda)

Foto: TrekBikes

 

 


COMMENTS