Hedkayse ONE, helm unik yang tidak bisa rusak, tidak bisa pecah, dan bisa dilipat. Helm konvensional biasanya terbuat dari bahan polystyrene yang didesain bisa meredam benturan saat kecelakaan. Artinya helm akan “mudah pecah” saat kecelakaan agar impact-nya diserap oleh helm bukan kepala.

Tapi Hedkayse ONE hasil rancangan George Fox dan Iain O’Brian ini dibuat dari bahan unik, yakni Enkayse. Bahan yang dikembangkan dan dipatenkan oleh mereka sendiri. Dengan bahan ini, helm ini bisa meredam benturan berulang kali. Karena bahan ini akan kembali ke bentuk awal ketika tertekan. Selain itu, bahan ini bisa membuat helm bisa ditekuk sehingga besarnya hanya tinggal setengahnya.

Helm buatan Inggris ini bisa digunakan untuk cyclist dengan lingkar kepala 49 cm hingga 58.5 cm. Material Enkayse itu dilindungi oleh bungkus yang terbuat dari nylon dan disebut TAF (Tough and Flexible). Juga enaknya bisa dicuci dengan sabun biasa.

Pengikat helm ini menggunakan QARC yang mirip dengan ratchet pengikat sepatu sepeda. bedanya, membukanya hanya cukup menekan satu tombol dan mudah dilakukan dengan satu tangan.

Bobot helm yang memiliki tujuh varian warna ini adalah 502 gram. Sayangnya, helm yang dibanderol 150 Poundsterling ini hanya dijual di Eropa, belum dijual di Amerika dan Australia. (mainsepeda)

Foto: Hedkayse

 

 


COMMENTS