Chris Froome Panasi Mesin Menuju Tour de France
by MainSepeda - June 07, 2019

Sudah lama nama Chris Froome tidak muncul di arena balap. Itu karena pembalap Inggris itu memilih istirahat dan berlatih secara private dalam beberapa pekan terakhir. Sekarang, bintang Team Ineos itu siap keluar dari “pertapaan.” Pada 9-16 Juni ini, dia memanasi mesin di Criterium du Dauphine, ajang “geladi bersih” resmi Tour de France 2019.

Chris Froome mengaku harus agak “reset” menuju Tour de France, di mana dia akan mengejar gelar kelimanya. Pembalap 34 tahun itu mengaku agak terlalu nafsu di awal tahun, saat mengikuti Tour Colombia. Kondisi badan justru jadi drop, dan dia harus membatalkan kiprah di beberapa lomba.

Belakangan, Froome telah menghabiskan banyak waktu di kawasan ketinggian Tenerife. Dan dia sekarang “turun gunung” untuk tampil di Criterium du Dauphine, balapan yang sudah pernah dia menangi tiga kali.

Menurut Froome, kondisinya sekarang sudah jauh lebih nyaman. “Saya sangat senang dengan kondisi badan saya sekarang. Saya mungkin terlalu semangat awal tahun ini di Kolombia dan melakukan (latihan) terlalu banyak. Sekarang rasanya sudah berbeda,” tuturnya.

Di Dauphine, Froome akan dikawal beberapa rekan utamanya. Kandidat rekannya pula di Tour de France nanti. Yaitu Michal Kwiatkowski, Gianni Moscon, dan Wout Poels.

Rencananya, Dauphine adalah balapan pemanasan terakhir Froome. Setelah lomba ini, dia kembali istirahat dan berlatih di ketinggian. Lalu menuju Prancis untuk ikut lomba terbesar, Juli mendatang.

“Pendekatan dan pemanasan menuju Juli ini sudah pernah kami lakukan beberapa kali,” ungkapnya.

Menurut Froome, seperti apa kondisinya yang sebenarnya baru akan ketahuan saat balapan di Dauphine. Apalagi melawan para kandidat Tour de France lain, seperti Nairo Quintana, Adam Yates, dan lain-lain. Tapi, dia akan benar-benar menguji kondisinya semaksimal mungkin.

“Saya ingin mampu bersaing merebut gelar overall di Dauphine,” tandasnya.

Sementara itu, juara bertahan Tour de France sekaligus rekan setim Froome, Geraint Thomas, memilih memanasi kondisi di lomba yang berbeda. Pembalap Inggris itu akan turun di Tour de Suisse, juga pertengahan Juni ini. (mainsepeda)

Gianni Moscon.

Foto: Swpix dan Getty Images 


COMMENTS