Even menanjak ke Wonokitri, Bromo yang diselenggarakan tiap tahun ini meningkat gengsinya. Tahun ini, didukung penuh oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi dengan memperebutkan piala Pangdam V/Brawijaya untuk juara KOM/QOM setiap kategori. Total ada 15 piala yang diperebutkan oleh lebih dari 600 peserta kelas Competitive.

"Herbana Bromo KOM Challenge ini menurut saya adalah aktivitas yang sangat positif. Menghadirkan banyak elemen masyarakat tanpa melihat latar belakang yang berbeda-beda, untuk bersama-sama melakukan aktivitas luar ruangan. Dan pastinya kegiatan ini menyehatkan bagi semua yang terlibat," ujar Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi.  

Sabtu pagi, 16 Maret mengambil start dari Lapangan Kodam V Brawijaya, seluruh peserta Herbana Bromo KOM Challenge yang berjumlah 1.148 cyclist itu dilepas langsung oleh Pangdam V/Brawijaya. Pangdam sempat menyampaikan selamat berkompetisi dan menjaga ketertiban selama di jalan juga keamanan perorangan maupun kelompok.

Selepas dari Lapangan Kodam tepat jam 6.15, seluruh rombongan termasuk Plt Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetiyo ikut gowes sejauh 60 km menuju pitstop 1, GOR Untung Suropati Pasuruan.

Herbana Bromo KOM Challenge ini sudah menjadi bagian dari agenda ulang tahun kota Pasuruan ke-333, jadi Pemkot Pasuruan memberikan dukungan penuh selama di GOR Untung Suropati dengan makanan, minuman, dan panggung hiburan.   

Tepat jam 9 pagi, seluruh rombongan cyclist dilepas oleh H. Raharto Teno untuk melanjutkan perjalanan menuju Wonokitri, Bromo setinggi 2.000 meter di atas permukaan laut.

Raharto Teno, Plt Walikota Pasuruan.

Beragam waktu yang dibutuhkan oleh cyclist untuk bisa mencapai finis di Wonokitri, Bromo itu. Panitia memberikan time limit hingga jam 13.45 untuk berhak mendapatkan medali serta piagam finisher.

Dan yang paling ditunggu di Pendopo Wonokitri, Bromo adalah pengumuman juara dan penganugerahan piala bergengsi, Pangdam V/Brawijaya kepada para pemenang.

Kali ini, Kasdam V/Brawijaya, Brigadir Jenderal TNI M. Bambang Ismawan, S.E., M.M. yang didaulat untuk menyerahkan piala kepada para pemenang.

“Mereka sangat hebat bisa berlomba gowes di tanjakan yang begitu berat dan panjang ini,” puji Bambang.

Kasdam V/Brawijaya, Brigadir Jenderal TNI M. Bambang Ismawan, S.E., M.M. menyerahkan hadiah kepada juara men age category 55+.

Fahmi Mochammad, Assistant Sales Manager PT. Deltomed Laboratories ini juga sangat antusias melihat perjuangan para pemenang memperebutkan KOM/QOM di Herbana Bromo KOM Challenge.

“Acaranya bagus, rapi, dan ramai. Para juara itu latihannya bagaimana, ya? Bisa menyelesaikan tanjakan tanpa istirahat itu dalam waktu dua jam. Saya naik mobil saja merasa capek apalagi ini gowes,” tutur Fahmi terheran-heran. (mainsepeda)

 

 

           


COMMENTS