Thibaut Pinot Juara Il Lombardia
by - October 13, 2018
Thibaut Pinot Juara Il Lombardia
by MainSepeda - October 13, 2018

Pembalap Prancis, Thibaut Pinot, menutup 2018 dengan hasil spektakuler. Bintang Groupama-FDJ itu meraih kemenangan di lomba Monument bergengsi, Il Lombardia, Sabtu, 13 Oktober.

Pinot meraihnya setelah tampil super agresif pada 30 km terakhir lomba yang berlangsung 241 km tersebut. Dia merupakan bagian dari kelompok kecil attacker pada tanjakan Muro di Sormano.

Waktu itu, empat pembalap berhasil memisahkan diri dari peloton. Selain Pinot, ada Vincenzo Nibali (Bahrain-Merida), Primoz Roglic (LottoNL-Jumbo), dan Egan Bernal (Team Sky). Pada tanjakan Civiglio, hanya 19 km sebelum finis, Pinot dan Nibali meninggalkan dua yang lain. Pinot lantas attack di ujung tanjakan lalu turun sendirian dan bertahan solo hingga finis.

Nibali sempat terkejar kelompok pemburu, tapi kemudian tancap gas lagi untuk finis runner-up, 32 detik di belakang Pinot.
Ini performa yang mengundang banyak aplaus untuk Nibali sebagai juara bertahan lomba. Dylan Teuns (BMC) menang adu sprint berebut posisi podium terakhir, 43 detik di belakang Pinot.

Thibaut Pinot memang memasuki lomba Monument ini sebagai salah satu unggulan. Sebelumnya, dia menunjukkan form setelah memenangi Milan-Torino. Sementara itu, sang juara dunia 2018, Alejandro Valverde, sempat menjaga peluang hingga momen-momen attack penutup. Pada akhirnya, pembalap Spanyol berusia 38 tahun itu mengendur dan melepas kans menang.

Il Lombardia merupakan satu dari lima balapan Monument, yaitu balapan-balapan satu hari paling bergengsi. Empat lainnya adalah Milan-San Remo, Tour of Flanders, Paris-Roubaix, dan Liege-Bastogne-Liege. Bagi Pinot, kemenangan ini merupakan wujud impian besar.

"Di antara semua balapan Monument, Il Lombardia adalah yang terindah di benak saya. Saya selalu ingin memenanginya. Saya dalam kondisi terbaik dalam karir saya, tapi bisa menang di depan Nibali adalah sesuatu yang luar biasa," kata Pinot. (mainsepeda)

Hasil lomba Il Lombardia (top ten)

1. Thibaut Pinot (Fra) Groupama - FDJ 5:53:22  

2. Vincenzo Nibali (Ita) Bahrain - Merida 0:00:32  

3. Dylan Teuns (Bel) Bmc Racing Team 0:00:43  

4. Rigoberto Uran (Col) Team EF Education First - Drapac P/B Cannondale    

5. Tim Wellens (Bel) Lotto Soudal    

6. Ion Izagirre Insausti (Spa) Bahrain - Merida    

7. Rafal Majka (Pol) Bora - Hansgrohe    

8. Domenico Pozzovivo (Ita) Bahrain - Merida    

9. Daniel Martin (Irl) Uae Team Emirates 0:00:48

10. George Bennett (NZl) Team Lotto Nl - Jumbo 0:01:22  

Foto : Getty Images, Bettini 

 

 


COMMENTS