Kwiatkowski Rebut Volta ao Algarve, Wellens Juara Ruta del Sol, Lutsenko Raih Tour of Oman
by - February 19, 2018

Tiga lomba kaliber UCI 2.HC berakhir Minggu, 18 Februari, di tiga negara. Tim-tim besar turun di semuanya, menurunkan bintang-bintang terbesarnya. Alhasil, tiga nama top meraih gelar juara.

Michal Kwiatkowski, bintang serbabisa Team Sky, merebut etape terakhir sekaligus kemenangan overall di Volta ao Algarve di Portugal. Tim Wellens meraih kemenangan besar untuk Lotto-Soudal di Ruta del Sol, Spanyol. Sedangkan di Tour of Oman, Astana meraih sukses lewat pembalap Kazakhstan Alexey Lutsenko.

Berikut kabar pendek masing-masing lomba:

Kwiato Pimpin Sky 1-2

Kwiato –julukan Kwiatkowski-- merebut gelar juara di Volta ao Algarve dengan mencurinya di hari terakhir. Dan dia mencurinya dari rekan setim sendiri, Geraint Thomas.

Memasuki etape terakhir itu, Thomas mengenakan leader jersey. Tapi segala skenario untuk mempertahankannya berantakan sejak awal, ketika ada 31 pembalap sukses melarikan diri di awal etape. Untung, Kwiato yang berada di urutan dua klasemen mampu ikut serta dalam grup tersebut.

Di finish yang menanjak ke atas bukit di Malhao, Kwiato mampu mengalahkan para pesaing. Gelar Volta pun jadi milik pembalap Polandia yang pernah jadi juara dunia 2014 ini.

Thomas akhirnya finis di urutan dua klasemen, diikuti Tejay van Garderen (BMC).

Podium Akhir Volta Ao Algarve

Portugal, 14-18 Februari 2018

1. Michal Kwiatkowski, Team Sky

2. Geraint Thomas, Team Sky

3. Tejay van Garderen, BMC Racing

Wellens Tahan Gempuran Sky

Tim Wellens (Lotto-Soudal) harus berjuang keras untuk merebut gelar Ruta del Sol di Spanyol. Etape terakhir berupa time trial sejauh 14 km, melewati jalanan tanpa aspal!

Memasuki etape terakhir itu, Wellens hanya unggul tujuh detik atas Mikel Landa (Movistar). Plus, dia harus menahan gempuran sejumlah bintang Team Sky yang dikenal jagoan time trial. Termasuk Chris Froome.

Pada akhirnya, Team Sky memang merebut etape itu lewat David de la Cruz. Kemudian, Wout Poels, andalan lain tim, juga mencatat waktu lebih baik dari Wellens. Tapi semua tidak cukup untuk menggeser pembalap Belgia itu dari puncak podium.

Chris Froome, yang menjalani lomba pertamanya musim ini di tengah pemeriksaan kasus pemakaian obat asma, finis di urutan sepuluh. 

Podium Akhir Ruta del Sol

Spanyol, 14-18 Februari 2018

1. Tim Wellens (Lotto-Soudal)

2. Wout Poels (Team Sky)

3. Marc Soler (Movistar)

Kristoff Rebut Sprint, Lutsenko Overall

Di Tour of Oman, yang berlangsung 13-18 Februari, kemenangan diraih oleh pembalap paling konsisten. Khususnya di etape-etape menanjak. Dia adalah Alexey Lutsenko. Walau tidak memenangi satu pun etape, pembalap Astana ini finis di tiga besar pada tiga etape. Termasuk finis kedua di belakang rekan sendiri, Miguel Angel Lopez, di puncak Green Mountain pada etape kelima yang menentukan.

Etape terakhir di Al Mouj Muscat merupakan etape parade untuk para sprinter. Lutsenko hanya perlu main aman untuk mengamankan gelar juaranya.

Di etape terakhir itu, kemenangan diraih Alexander Kristoff. Ini merupakan kemenangan pertama Kristoff untuk tim barunya, UAE Team Emirates). 

Tour of Oman

13-18 Februari 2018

Podium Akhir:

1. Alexey Lutsenko, Astana

2. Miguel Angel Lopez, Astana

3. Gorka Izagirre Inxausti, Bahrain-Merida


COMMENTS