Alejandro Valverde Bakal Balapan sampai Usia 40
by - October 03, 2018
Alejandro Valverde Bakal Balapan sampai Usia 40
by MainSepeda - October 03, 2018

Alejandro Valverde adalah juara dunia tertua kedua dalam sejarah. Saat merebut gelar di Innsbruck, Austria, pada 30 September lalu, pembalap Spanyol itu berusia 38. Dalam sejarah, hanya satu orang yang lebih tua. Yaitu Joop Zoetemelk asal Belanda, yang meraihnya di usia hanya sedikit lebih tua, nyaris 39 tahun.

Di usia itu, kebanyakan cyclist profesional tingkat dunia sudah pensiun. Tapi yang seperti Valverde ini memang langka.

Yang lain, begitu melewati usia 35, mulai sulit mengejar kemenangan. Lebih banyak berperan sebagai senior di tim, membantu membina yang muda.

Kalau Valverde, dia tetap konsisten meraup kemenangan seperti saat masih usia 20-an tahun. Pada 2018 ini misalnya, dia mampu meraih total 14 kemenangan, termasuk adu sprint dan adu nanjak di Vuelta a Espana lalu!

Yang jadi pertanyaan, sampai kapan Valverde akan balapan?

Tahun depan, dia sudah pasti akan terus menjadi bintang. Terus menjadi andalan Movistar, tim super asal Spanyol. Dan tahun depan dia akan tampil lebih mencolok, mengenakan jersey pelangi simbol juara dunia.

Setelah itu?

Usai kejuaraan dunia, saat pulang ke Madrid dengan sambutan meriah publik Spanyol, Valverde mengungkapkan rencana tersebut. Di satu sisi, kalau harus pensiun sekarang, dia sudah bisa pensiun dengan tenang. Karena sudah berhasil meraih gelar juara dunia.

Tapi, dia masih belum mau pensiun.

“Saya akan terus lanjut sampai Olimpiade Tokyo 2020,” tegasnya seperti dilansir koran Spanyol, Marca.

Itu berarti, Valverde akan terus memburu kemenangan sampai usia 40 tahun. “Memburu” adalah kata kunci. Karena Valverde sangat ingin mengulangi lagi sukses besar seperti ini.

Kebetulan, kejuaraan dunia 2019 di Yorkshire, Inggris, punya karakter yang cocok lagi. Begitu pula rute road race di Olimpiade Tokyo!

Di Tokyo nanti, lomba akan naik-turun lalu menanjak menuju Gunung Fuji, dengan total menanjak hampir 5.000 meter. Setara dengan kejuaraan dunia di Austria lalu.

“Itu bakal jadi Olimpiade kelima saya. Andai saya masih mampu bertahan di level yang sama, saya ingin tampil di sana. Saya masih belum punya medali (Olimpiade),” pungkasnya. (mainsepeda)

 Foto : Durango Herald, Twitter Movistar

 


COMMENTS