Giro d'Italia 2024, Etape 13: Milan Terus Rajai Sprint

Pembalap Lidl-Trek Jonathan Milan meraih kemenangan ketiganya di Giro d'Italia pada Jumat, 17 Mei 2024. Cyclist 23 tahun ini menjadi yang pertama melewati garis finis di Cento. Rekor ini menyamai raihan pembalap UAE Team Emirates Tadej Pogacar yang sejauh ini juga telah mengoleksi tiga kemenangan. 

Pada balapan etape 13 ini, Milan berhasil memanfaatkan kesalahan pembalap Movistar Fernando Gaviria yang terlalu awal menciptakan serangan. Dibantu rekan setimnya, Simone Consonni, Milan berhasil melihat celah terbuka untuk mendahului cyclist Kolombia tersebut pada 100 meter sebelum finis. 

Gaviria mencoba melakukan sprint panjang ciri khasnya, tapi usahanya gagal kali ini. Ia pun akhirnya finis di posisi di luar podium, tepatnya menempati posisi keenam.

Jonathan Milan memimpin balapan di detik-detik terakhir sebelum finis. 

Di balik akselerasi Milan yang menciptakan decak kagum, pembalap Cofidis Stanislaw Aniolkowski membuat kejutan dengan mengamankan posisi runner-up. Di posisi ketiga menjadi milik pembalap Bahrain Victorious Phil Bauhaus. 

Baca Juga: Giro d'Italia 2024, Etape 12: Breakaway 126 Km, Alaphilippe Finis Solo

"Sekali lagi, saya sangat senang. Sangat bangga dengan tim saya dan selalu saya harus berterima kasih kepada mereka," kata Milan. 

"Mereka membawa saya di posisi yang sempurna. Kami tahu bahwa kami harus melewati belokan terakhir bersama Simone (Consonni) dan dia memberikan arahan 400 meter sebelum finis," tambahnya. 

Giulio Maceroni memainkan lagu kebangsaan Italia sebelum etape 13 di mulai. 

Milan semakin mengukuhkan posisinya untuk membawa pulang jersey maglia ciclamino pada Giro d'Italia 2024. Ia saat memimpin klasemen perolehan poin dengan keunggulan yang sangat telak. Ia unggul 110 poin dari rival terdekatnya Kaden Groves (Alpecin-Deceuninck).

Sementara itu, pimpinan general classification (GC) tetap dikuasai oleh Tadej Pogacar. Jarak cyclist Slovenia ini dengan Daniel Felipe Martinez pun tidak berubah. 2 menit 40 detik, sama seperti etape sebelumnya. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS