Dua Pembalap Decathlon AG2R La Mondiale Kuasai Podium Tour de Romandie

Decathlon AG2R La Mondiale menguasai podium kemenangan di etape 1 Tour de Romandie pada Rabu, 24 April 2024. Mereka sukses merebut posisi kemenangan dan runner-up sekaligus dalam balapan berjarak 165,7 km dari Chateau d'Ox menuju Fribourg. 

Cyclist asal Prancis Dorian Godon berhak menduduki puncak podium. Rekan setimnya di Decathlon AG2R La Mondiale, Andrea Vendrame, finis tepat di belakang Godon. Sedangkan posisi ketiga dikuasai pembalap Alpecin-Deceuninck, Gianni Vermeersch. 

Ketiganya menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 3 jam 49 menit 58 detik bersama rombongan besar yang berjumlah 87 pembalap. Di dalam peloton tersebut, terdapat pula sang juara bertahan Adam Yates (UAE Team Emirates) dan mantan juara dunia road race Julian Alaphilippe.

Julian Alaphilippe mencoba menyerang di kilometer 10 sebelum finis, tapi ia harus puas finis di posisi ke-39.

Duo pembalap Decathlon AG2R La Mondiale ini mulai meningkatkan akselerasinya ketika balapan memasuki kilometer terakhir. Keduanya menyisir dari kiri peloton sebelum merangsek posisi terdepan. 

Serangan terlalu dini dilakukan oleh pembalap Lidl Trek beberapa ratus meter dari garis akhir. Hal ini membuat celah terbuka lebar untuk merangsek ke posisi terdepan. Tak menyianyiakan peluang tersebut, Godon menambah kecepatannya dan mengambil alih pimpinan balapan hingga melewati garis finis.

Baca Juga: Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai 

Kemenangan ini menjadi perolehan terbaik Godon musim ini. Sebelumnya,  pembalap 27 tahun ini menempati posisi kedua pada etape 7 Volta a Catalunya, Maret lalu. Selebihnya, ia tak pernah mencicipi naik podium.

Selain itu, Godon menjadi pembalap pertama Decathlon AG2R La Mondiale Team dalam 26 tahun terakhir yang mampu meraih kemenangan di Tour de Romandie. Terakhir, pembalap Christophe Agnolutto meraih pencapaian yang sama ketika memenangi etape 5 pada balapan tahun 1998. 

Lintasan etape 1 Tour de Romandie 2024 melewati padang rumput yang luas dan masih tertutupi salju. 

Godon yang menempati posisi keempat pada balapan prolog sehari sebelumnya, mengawali hari hanya tertinggal tiga detik dalam klasemen general classification (GC). Dan kini ia memimpin klasemen GC dan berhak atas kaos kuning dengan jarak enam detik dari Vermeersch, serta sembilan detik di depan Julian Alaphilippe. 

Tak hanya kaos kuning, Godon juga memuncaki klasemen poin dengan 69 poin, unggul 36 poin dari Vermeersch. Sementara itu, pembalap Alpecin-deceuninck Juri Hollmann menguasai perolehan jersey polkadot karena unggul di klasemen King of Mountain (KOM). (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS