Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai

Founder Mainsepeda Azrul Ananda menjajal rute bersepeda Cirebon-Tasikmalaya bareng komunitas Kadal Cirebon Cycling dan Tasik Roadbike Community (TRC), Rabu, 24 April 2024. 

Acara dengan tema Community Ride Bareng Azrul Ananda dan Ivo Ananda itu diikuti 20 anggota Kadal Cirebon juga beberapa cyclist dari Cepu, Surabaya, serta CEO Radar Cirebon Group Yanto S Utomo.

Rombongan start dari Graha Pena Radar Cirebon di Jl Perjuangan Nomor 9, Kesambi, Kota Cirebon, pukul 06:00 WIB. Dari kota di pesisir pantai utara Jawa Barat itu, rombongan cyclist bergerak ke selatan mengarah ke Gunung Ciremai. 

Titik start di Graha Pena Radar Cirebon.

Mereka melintasi Kuningan, Waduk Darma, Majalengka, Ciamis, hingga finis di Radar Tasikmalaya.

Sebelum finis, rombongan disambut sejumlah anggota TRC di Alun-Alun Ciamis untuk kemudian melanjutkan gowes bersama ke Tasikmalaya. 

Beberapa cyclist saat finis di Tasikmalaya.

Mengutip data dari akun Strava milik Azrul Ananda, rute Cirebon-Tasikmalaya tersebut berjarak 146 km dengan total tanjakan (elevation gain) mencapai 2.163 meter. Azrul menyelesaikan rute itu dengan catatan waktu 6 jam 4 menit 10 detik.

Karakter rute bersepeda Cirebon-Tasikmalaya dimulai dengan jalur flat yang singkat untuk kemudian langsung melahap rentetan jalan berbukit dan tanjakan yang sambung menyambung lalu ditutup rute flat sampai Tasikmalaya.

Tanjakan yang mereka lintasi di antaranya tanjakan kategori 3 dan 4 di Waduk Darma, tanjakan Cilimus, tanjakan Kertawirama Jagara, hingga Raya Penawangan. Dari gradient 5,2 persen di Waduk Darma, mereka langsung menghadapi tanjakan 7,8 persen di Kerawirama Jagara. 

Setelah itu, rombongan cyclist turun di Sela Cai kemudian melintasi jalan relatif flat sejak Alun-Alun Ciamis sampai finis di Tasikmalaya.

Para pesepeda saat berkumpul di lokasi finis di kantor Radar Tasikmalaya.

"Beberapa cyclist ada yang finis di Tugu Ikan Kuningan, sisanya sampai tuntas ke Tasikmalaya," kata Ketua Kadal Cirebon Cycling Wilyandi.

Azrul mengaku rute bersepeda ini adalah pengalamannya yang pertama. "Sebelumnya baru pernah gowes Cirebon-Kuningan, kalau finis sampai Tasikmalaya ini pertama kali. Senang bisa nanjak Gunung Ciremai di rute ini," ungkapnya. (Mainsepeda)


COMMENTS