Bandara Dhoho Resmi Beroperasi, Ikut Kediri Dholo KOM Challenge Jadi Makin Nyaman

Bandara Internasional Dhoho Kediri resmi beroperasi seiring pendaratan pertama pesawat komersial Citilink QG 752, Jumat 5 April 2024. Dengan beroperasinya bandara tersebut kini makin banyak pilihan moda transportasi menuju Kediri.

Hal ini tentu makin mempermudah wisatawan menuju Kediri. Tentu termasuk juga bakal mempermudah para cyclist dari luar kota yang tertantang menaklukkan event Kediri Dholo KOM Challenge. 


Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyambut penumpang yang datang dengan pesawat pertama yang mendarat di Bandara Internasional Dhoho Kediri.

Kediri Dholo KOM Challenge merupakan event KOM Challenge dari Mainsepeda yang termasuk dalam rangkaian Trilogi Jawa Timur. Sebagaimana diketahui, sudah dua tahun ini Mainsepeda menggelar tiga event sepeda menanjak yang menjadi sebuah rangkaian trilogi.

Ketiga event itu adalah Bromo KOM Challenge (18 Mei 2024), Kediri Dholo KOM Challenge (14 Juli 2024), dan Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge (21 September 2024). Rangkaian trilogi itu dilombakan. Keseruan dari Trilogi Jatim ini adalah adanya akumulasi poin yang didapat peserta dari tiap KOM Challenge yang diikuti. Raihan poin dari tiap lomba memang diakumulasikan untuk didapat juara umumnya.


Landmark Simpang Lima Gumul di Kediri yang mirip Arc du Triomph di Prancis.

Baca Juga: Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei

Meskipun tak sebanyak peserta Bromo KOM Challenge, namun antusiasme cyclist mengikuti Kediri Dholo KOM Challenge tetap tinggi. Terbukti dari tahun ke tahun jumlah pesertanya meningkat. Salah satu kendala peserta yang ingin mengikuti Kediri Dholo KOM Challenge selama ini memang soal tidak banyaknya pilihan moda transportasi.

Memang menuju Kediri ada kereta api. Namun pilihannya tidak banyak. Selain itu membawa sepeda di kereta api juga tidak mudah. Berbeda dengan perjalanan dengan pesawat terbang. Cyclist cukup simpel tinggal menaruh bike box sepedanya ke bagasi pesawat.

Dalam perjalanan menuju Bandara Internasional Dhoho, Anda akan menikmati pesona keindahan pemandangan kawasan Gunung Wilis.


Pemandangan menuju kawasan Bandara Internasional Dhoho Kediri yang menjadi rute Kediri Dholo KOM Challenge 2023.

Seperti edisi sebelumnya, Kediri Dholo KOM Challenge menawarkan tantangan yang tak didapatkan di daerah lain. Misalnya tanjakan ikonik Kelok 9 yang mirip Jalan Lombard, yang kondang di San Francisco. Ada juga Tanjakan Gigi 1 yang oleh banyak cyclist disebut tanjakan tak punya akhlak.

Kediri Dholo KOM Challenge 2024 akan diselenggarakan 14 Juli. Pendaftaran Kediri Dholo KOM hanya bisa dilakukan melalui Mainsepeda App.


Penampakan Kelok 9 dilihat dari atas.

Baca Juga: Kediri Dholo KOM 2023 - Ada Prancis, Spanyol, dan San Francisco

"Harapan kami dengan dibukanya penerbangan menuju Bandara Internasional Dhoho Kediri, makin banyak cyclist yang memilih Kediri sebagai destinasi gowes. Salah satunya tentu dengan mengikuti Kediri Dholo KOM Challenge," ujar Donny Rahardian dari Mainsepeda. 

Bandara Internasional Dhoho Kediri berlokasi di Desa Sawah, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Jarak 31 kilometer dari gapura selamat datang Kabupaten Kediri. Atau butuh waktu tempuh kurang lebih 47 menit dari gapura selamat datang Kabupaten Kediri menuju Bandara Internasional Dhoho.(mainsepeda)


COMMENTS