Peserta Makin Banyak dan Kompetitif, Kategori Lomba Bromo KOM X Bertambah

Penyelenggaraan event signature Mainsepeda Bromo KOM Challenge dari tahun ke tahun makin banyak peminat. Pesertanya pun makin kompetitif.

Bromo KOM Challenge 2023 misalnya. Di tahun itu total ada 1.600 peserta yang ikut serta. Mereka datang dari 600 komunitas/tim. Berasal dari 163 kota/kabupaten di 36 provinsi di Indonesia. Ada juga peserta yang datang dari 5 negara.

Tahun ini, Bromo KOM Challenge memasuki penyelenggaraan tahun ke-10. Event yang kerap disebut "naik hajinya" cyclist itu tahun ini diberi nama Bromo KOM X.

Jumlah peserta Bromo KOM X dipastikan tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Mainsepeda selaku penyelenggara ingin terus meningkatkan tingkat kompetitif event ini. Salah satunya dengan menambahkan kategori di dua kelas, Men dan Women.

Di kelas Men, penambahan terdapat pada kategori Under 29. Kategori Men Under 29 menggantikan kategori Men 25-29. Perubahan ini untuk mengakomodir para cyclist usia muda agar benar-benar mendapatkan "lawan yang sepadan".

Selama ini peserta di bawah 25 tahun harus masuk kategori Men Elite yang diisi para pembalap profesional.

Penambahan kategori juga terjadi di Women. Ada dua kategori tambahan yakni Women Under 29 dan Women 45+. Sebelumnya pembalap muda perempuan di bawah 30 tahun juga harus masuk Women Elite. Sebab kategori terendah di Women adalah 30-34.

"Tambahan kategori di Bromo KOM X ini agar ada peningkatan dari sisi competitiveness-nya," kata Donny Rahardian dari Mainsepeda.

Tahun ini di Bromo KOM X juga ada aturan baru. Pembalap yang masih aktif berlomba pada kategori Elite dalam dua tahun terakhir tidak diperbolehkan mengikuti kategori usia (kelompok umur). 

Baca Juga: Siap-Siap! Registrasi Bromo KOM X Dibuka Kamis, 21 Maret Pukul 03.00 WIB

Event Bromo KOM X digelar 18 Mei 2024. Animo cyclist yang ingin mengikuti Bromo KOM X sangat luar biasa. Sepertiga slot Bromo KOM X sudah terjual lewat pembelian bundling event Trilogi Jawa Timur (Bromo KOM, Kediri Dholo KOM, dan Ijen KOM). 

Kesempatan terakhir untuk mendapatkan slot Bromo KOM X hanya bisa dilakukan lewat "war ticket" yang dibuka Kamis 21 Maret 2024 tepat pukul 03.00 WIB.

Bromo KOM rutin digelar sejak 2014. Namun, pandemi Covid-19 sempat membuat gelaran yang berjuluk "kendurinya" cyclist di Indonesia ini tak terlaksana pada 2021.

Namun, setelahnya animo cyclist semakin menggila. Tahun lalu di Bromo KOM Challenge 2023 slot 1.500 peserta habis dalam tujuh jam saja. 

Rute Bromo KOM X tidak banyak berubah. Dimulai dari start dari Surabaya menuju Pasuruan dengan didominasi rute datar. Setelahnya para cyclist ditantang melahap rute menanjak ke puncak Wonokitri Bromo. Total tanjakannya hampir 2.000 meter.(Mainsepeda)


COMMENTS