Paris-Nice 2024 Etape 6: Mattias Skjelmose Menang, Puncak Klasemen GC Kembali ke Pangkuan

Cyclist Lidl-Trek Mattias Skjelmose keluar sebagai pemenang pada etape 6 Paris-Nice 2024, Sabtu dini hari, 9 Maret 2024. Skjelmose memenangi pertarungan panjang melawan Brandon McNulty (UAE Team Emirates) dan Matteo Jorgenson (Visma-Lease a Bike) dalam trek menanjak jelang finis. 

Ketiganya sudah menjauh dari kelompok besar pembalap sejak kilometer ke-20. Hal ini cukup menggagetkan bagi para pembalap favorit seperti Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step), Primož Roglič (Bora-Hansgrohe), dan Egan Bernal (Ineos Grenadiers). 

Skjelmose, McNulty, maupun Jorgenson silih berganti berebut posisi terdepan. Namun, Skjelmose akhirnya menjadi pemenang setelah akselerasinya di tanjakan terakhir jelang finis tak lagi mampu diimbangi duo Amerika Serikat tersebut.

McNulty pun harus puas menempati posisi kedua dan podium terakhir manjadi milik Jorgenson.

"Saya sangat senang dan terkejut. Saya merasa cukup baik sepanjang hari tetapi Anda tahu, hari-hari seperti ini agak istimewa dan Anda memerlukan banyak keberuntungan. Tapi dengan kerjasama tim, itu meminimalkan semua keberuntungan yang Anda butuhkan," kata pembalap berpaspor Denmark ini. 

Meski finis di posisi kedua, hasil ini sudah cukup bagi McNulty untuk kembali duduk di singgasana klasemen juara umum atau general classification (GC). Ia sukses mengkudeta cyclist Team Jayco AlUla Luke Plapp.

Bukan hanya McNulty, Plapp pun juga disalip oleh Jorgensen. Sebelumnya McNulty sempat menduduki pimpinan klasemen GC usai timnya menyabet kemenangan di kategori Team Time Trial (TTT) pada etape 3.

McNulty memimpin klasemen GC dengan torehan waktu 22 jam 15 menit 58 detik, unggul 23 detik dari Jorgensen. Plapp kini berada di posisi ketiga setelah tertinggal 34 detik. Sedangkan, Skjelmose terkerek naik 15 peringkat dan kini berada di posisi ke-4 berkat kemenangan di etape 6. 

“Saya pikir Remco atau Primož atau salah satu dari orang-orang yang lebih berpeluang tinggi di GC akan menutup kesenjangan dengan Jorgenson. Tetapi saya mencoba menarik sedikit dan mereka melepaskan saya, atau memberi saya jarak beberapa meter. Dan kemudian Brandon bergabung dengan saya untuk mendekati Matteo," ujar Skjelmose. 

Remco Evenepoel , Santiago Buitrago, dan Primoz Roglic saat bersaing di etape 6 Paris-Nice 2024

Dewi Fortuna seakan belum ingin memberikan keburuntungannya kepada nama-nama besar seperti Evenepoel dan Roglic di Paris-Nice 2024. Keduanya belum sekalipun menyabet kemenangan etape. Evenepoel untuk ketiga kalinya hanya mentok di peringkat keempat. 

Bagitu pula dengan Roglic. Cyclist Slovenia masih telat panas di event pembukannya di musim ini. Pencapaian terbaiknya ialah peringkat ketujuh di etape 4. Sementara di etape 6, peraih hattrick gelar di La Vuelta cicilista a Espana ini hanya mampu meraih posisi kesembilan. 

Intensitas di etape 7 akan lebih ringan dari tiga etape yang diperlombakan sebelumnya. Jalan yang dilalui lebih landai dengan jarak Nice ke Madone d'Utelle berkisar 104 Km. Namun, tantangan utama pada trek ini ialah jalan menanjak jelang garis finis sepanjang 15,1 Km dengan elevasi 5,7 persen yang konsisten.(Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS