UEA Tour 2024 Etape 1: Lolos dari Tabrakan, Tim Merlier Juara

Pembalap Soudal Quick-Step Tim Merlier mengulangi kesuksesan`setahun lalu dengan merebut kemenangan di etape 1 UEA Tour 2024 pada Senin, 19 Februari 2024 waktu setempat. Merlier finis di urutan terdepan usai lepas dari tabrakan beruntun jelang garis akhir.

Arvid De Kleijn dari tim Tudor Pro Cycling menempati posisi kedua, dan pembalap Corratec-Vini Fantini Jakub Mareczko mengisi pos di podium terakhir. 

Tercatat hanya 25 pembalap yang tersisa yang mengakhiri balapan tanpa mengalami insiden, termasuk pembalap Astana Qazaqstan Team Mark Cavendish yang menyelesaikan balapan di pos ke-22.

Kecelakaan terjadi 200 meter sebelum garis finis setelah seorang pembalap terjatuh di tengah-tengah kerumunan dan memicu reaksi berantai. 

Di tengah insiden tersebut, Merlier mampu mengambil momentum untuk mendahului duo Kolombia Juan Sebastián Molano (Tim UEA Emirates) dan Fernando Gaviria (Movistar) yang melakukan sprint terlalu dini jelang garis akhir. Walhasil, keduanya terlihat kehabisan bensin dan harus puas finis di peringkat 6 dan 7. 

"Saya membuat keputusan untuk pergi ke sisi lain 500 meter sebelum finis dan saya membuat keputusan yang benar. Awalnya saya sempat tertahan, tapi Gaviria dan Molano pergi terlalu jauh. Saya sempat melakukan kesalahan ketika pergantian gir, tapi ketika kecepatan saya bertambah saya mampu mendahului mereka," kata pembalap 31 tahun tersebut. 

"Ini merupakan kejuaraan tur dunia pertama saya musim ini jadi sebuah kemenangan selalu terasa baik. Saya selalu mencoba menang dalam duel kecepatan dengan yang lain, tapi tidak selalu mudah. Ini kompetisi yang besar dan saya senang finis pertama," imbuhnya.

Baca Juga: Back To 1980-an, Jersey Motif Jins Alpecin-Deceuninck

Etape pembukaan Tur UEA 2024 berjarak 141 km dari Al Dhafra Walk ke Liwa di Abu Dhabi dengan ancaman angin kencang yang melintas dari gurun terbuka. Meskipun demikian, kelompok besar pembalap tetap bertahan dalam balapan hingga jelang finis. Hanya dua pebalap duo Corratec-Vini Fantini, Marco Murgano dan Mark Stewart yang terlihat menjauh dari rombongan.

Pada 20 km terakhir, tidak terlihat akselerasi dari pembalap dan rombongan beraksi dengan tenang. Namun, memasuki 10 km terakhir perebutan posisi terdepan mulai memanas. Skuad Decathlon-AG2R Sam Bennett bertahan di depan untuk sementara waktu sebelum menggantikan Elia Viviani (Ineos Grenadiers). 

Pembalap dari Bora-Hansgrohe dan Visma-Lease A Bike memegang kendali saat memasuki 2 km terakhir, Tapi tak berselang lama balapan menjadi berantakan. Pengendara dari Decathlon AG2R La Mondiale Team dan BORA - hansgrohe bersenggolan dan terjatuh sehingga memicu tabrakan besar. 

Di saat bersamaan, Molano dan Gaviria melakukan sprint yang terlalu ambisius sementara Merlier berhasil mengatasi masalah pergantian gir untuk melaju dengan kencang. Akhirnya Merlier memenangi balapan dengan catatan waktu 3 jam 9 menit 55 detik.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS