Great Ocean Road Race: Menang Setengah Ban, Pithie Rebut Victory Perdana di Ajang World Tour

Pembalap Groupama-FDJ Laurence Pithie meraih kemenangan terbesar dalam karirnya. Minggu waktu setempat (28/1), pembalap muda asal Selandia Baru itu menjadi juara Great Ocean Road Race di Geelong, Australia. Itulah kemenangan world tour pertama dalam karir pembalap berusia 21 tahun tersebut.

Pithie memenangi sprint 12 melawan pembalap terdepan yang berhasil memisahkan diri di Challambra Crescent. Ia mengungguli Natnael Tesfatsion (Lidl-Trek) dan Georg Zimmermann (Intermarché-Wanty) yang finis kedua dan ketiga.

Butuh menunggu beberapa saat untuk menentukan siapa pemenang. Para pembalap terdepan melewati garis hampir bersamaan. Dibutuhkan photo finish untuk menentukan siapa pemenang one day race tersebut. Dari foto diputuskan bahwa Phitie lah pemenangnya, dengan keunggulan hanya setengah ban. Tidak ada nama favorit di daftar podium, mereka tertinggal setelah rombongan pembalap terdepan berhasil memisahkan diri sejak 10 km jelang finis.

Di rombongan terdepan, ada beberapa percobaan breakaway lagi. Salah satunya dilakukan Stephen Williams (Israel-Premier Tech) yang pekan lalu memenangi general classification Tour Down Under. Namun, pada akhirnya ia ditangkap kelompok kecil terdepan. Dan lomba harus ditentukan dengan adu sprint yang dimenangkan Pithie.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Great Ocean Road Race, diakhiri dengan perlombaan mengelilingi jalanan Kota Geelong. Tahun ini, ada empat putaran yang harus dilalui para pembalap di akhir lomba yang total menempuh jarak 174,3 km tersebut. Setiap kali putaran, mereka harus melewati jalanan menanjak di  Challambra Crescent. Saat melewati Challambra Crescent kali terakhir, sejumlah pembalap berhasil melepaskan diri dan tidak terkejar.

Great Ocean Road Race menuntaskan rangkaian balap world tour di Australia. Lomba world tour ketiga tahun ini akan berlanjut di UAE Tour pada 19-25 Februari mendatang. Setelah dari negara Arab tersebut, rangkaian world tour akan berlanjut di Eropa. Dimulai dengan dua lomba classic Omloop Nieuwsblad dan Strade Bianche pada pekan terakhir Februari dan pekan pertama Maret. (mainsepeda)


COMMENTS