Tour Down Under 2024, Etape 2: Attack di Kilometer Terakhir Bawa Del Toro Menang Solo

Memasuki etape kedua hari ini (17/1), Tour Down Under 2024 melombakan rute yang lebih naik turun. Dengan jarak 141 km, total elevation gain-nya mencapai 3.000 meter. Sejumlah aksi breakaway pun dilancarkan meski kemudian digagalkan peloton. Baru serangan Isaac del Toro (UAE Team Emirates) pada akhir etape yang berhasil, ia tak terbendung untuk finis solo, seorang diri.

Del Toro finis di depan Corbin Strong (Israel Premier Tech) dan Stephen Williams (Israel Premier Tech) yang finis kedua dan ketiga. Momentum serangan Del Toro yang tepat, membuat Strong dan Williams tidak punya cukup jarak untuk mengejar.

Sejak sebelum start, banyak yang sudah memprediksi bahwa persaingan pada etape kedua World Tour pembuka itu akan lebih seru. Dengan rute yang naik turun, cukup banyak kesempatan untuk aksi breakaway. Saat perlombaan menyisakan 8 km, memasuki kawasan Fox Creek Climb, Luke Plapp (Jayco-AlUla) mencoba melepaskan diri. namun, tidak lama ia tertangkap oleh peloton.

Berikutnya, Quinn Simmons (Lidl Trek) dan Bastien Tronchon (Decathlon AG2R) mencoba melakukan serangan balik sekitar 4 km jelang finis. Nasib serangan itu sama, beberapa saat kemudian mereka tertangkap peloton ketika lomba tersisa 1 km.

Saat itu, sepertinya lomba akan diakhiri dengan bunch sprint. Seperti halnya etape pertama. Namun, tiba-tiba Del Toro melakukan serangan. Tidak diantisipasi pembalap lain, Del Toro yang baru berusia 20 tahun itu tak terbendung untuk meraih kemenangan perdananya di ajang World Tour.

”Gila, ini sangat emosional,” kata Del Toro sebagaimana dilansir GCN. ”Saya tidak tahu mau berkata-kata apa, ini luar biasa,” lanjut pembalap asal Meksiko itu. (*)

Hasil Etape 2 Tour Down Under

Sepuluh Besar

1. Isaac del Toro, UAE Team Emirates   3 jam 29 menit 37 detik

2. Corbin Strong, Israel Premier Tech   +0

3. Stephen Williams, Israel Premier Tech  +0

4. Biniam Birmay, Intermarche Wanty  +0

5. Caleb Ewan, Team Jayco AlUla  +0

6. Lars Boven, Alpecin Deceuninck  +0

7. Ruben Guerreiro, Movistar Team  +0

8.  Danny van Poppel, Bora Hansgrohe  +0

9. Max Kanter, Astana Qazaqstan Team  +0

10. Laurence Pithie, Groupama-FDJ  +0

 


COMMENTS