Geraint Thomas Dua Tahun Lagi Bersama Ineos Grenadiers

Geraint Thomas sepertinya bakal mengakhiri karir profesionalnya di Ineos Grenadiers. Pembalap asal Wales itu resmi memperpanjang kontraknya di tim yang berbasis di Manchester tersebut untuk dua tahun ke depan. Total, ia akan bersama tim yang dulu bersama Team Sky itu selama 16 tahun.

”Saya sangat bahagia mengumumkan perpanjangan kontrak saya bersama Ineos Grenadiers,” kata Thomas sebagaimana dilansir situs resmi tim. ”Saya merasa bahwa masih ada dua tahun hebat di depan. Dan saya tidak akan menjalaninya bersama tim lain,” lanjut pembalap 37 tahun itu.

Sejak Team Sky didirikan pada 2010, Thomas sudah menjadi bagian dari proyek prestisius olahraga Inggris itu. Prestasi tertingginya ada juara general classification (GC) Tour de France pada 2018. Ia adalah salah satu di antara sedikit pembalap yang hebat di nomor road race maupun track. Di perlombaan track, ia dua kali juara Olimpiade (2008 dan 2012) pada nomor team pursuit.

Geraint Thomas saat memenangi yellow jersey tanda juara umum Tour de France 2018.

”Tim ini mengerti saya, dan yang terpenting adalah tahu bagaimana mencapai kesuksesan. Di sini ada Luke (Rowe) dan (Connor) Swift, sahabat masa kecil saya, juga ada (Ian) Stannard yang kini di manajemen. Di sini benar-benar seperti rumah sendiri,” tegasnya.

Thomas menjadi pembalap besar pertama yang diperpanjang Grenadiers menjelang musim 2024. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, Thomas akan menjadi leader di balapan grand tour. Tahun ini, meski sempat mengalami masalah kesehatan di awal musim, ia tampil hebat di sejumlah balapan bergengsi.

Pada Mei lalu ia finis kedua di GC Giro d’Italia di belakang Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Mereka bertarung ketat sejak etape awal. Roglic baru merebut puncak klasemen satu etape jelang etape terakhir.

Di GC Tour de France 2022, Thomas finis ketiga di belakang Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Ia menjadi pembalap Grenadiers paling konsisten dalam beberapa tahun terakhir.

Tahun depan, kemungkinan besar Thomas akan kembali diplot sebagai leader di Grenadiers. Carlos Rodriguez yang sudah dikontrak jangka panjang, akan menjadi pendukung utamanya. Menarik untuk ditunggu, babak akhir karir salah seorang pembalap terhebat Inggris Raya itu, di tim kebanggaan Inggris. (*)


COMMENTS