Menang di Etape ke-11, Herrada Raih Kemenangan Ketiga Vuelta di Karirnya!


Selebrasi Herrada di garis finis etape ke-11 Vuelta a Espana

Jesus Herrada (Cofidis) berhasil menjadi pemenang di etape ke-11 Vuelta a Espana. Herrada berhasil melepaskan dari 26 pembalap yang berada di peloton pemimpin untuk akhirnya meraih kemenangan etape ketiganya di Vuelta a Espana di sepanjang karirnya.

Etape ke-11 memiliki rute sepanjang 163,2 km menuju puncak bukit Laguna Negra. Beberapa pembalap nampak menyimpan tenaga untuk menghadapi etape ke-12 di hari jumat menuju puncak Col du Tourmalet.

Di awal etape, Juan Ayuso (UEA Team Emirates) terjatuh dan harus mendapatkan perawatan dari medis, namun kemudian ia bisa melanjutkan balapan.

Memasuki kilometer 60, para pembalap masih bergerak secara berpeloton hingga ketika memasuki kilometer 105 ada 26 pembalap yang melakukan serangan. Diantaranya ada Damien Touzé (AG2R Citroën); Luis León Sánchez (Astana Qazaqstan); Lukasz Owsian (Arkéa-Samsic); José Manuel Diaz, Eric Fagundez, Pelayo Sánchez (Burgos-BH); Joel Nicolau (Caja Rural-Seguros RGA); Jesus Herrada (Cofidis); Sean Flynn (Team dsm-firmenich); Jonathan Caicedo, Andrea Piccolo (EF Education-EasyPost); Rudy Molard, Lewis Askey, Romain Grégoire (Groupama-FDJ); Filippo Ganna (Ineos Grenadiers); Julius Johansen (Intermarché-Circus-Wanty); Jan Maas (Jayco-AlUla); Jacopo Mosca, Otto Vergaerde (Lidl-Trek); Andreas Kron (Lidl-Trek); Jorge Arcas (Movistar); Alan Jousseaume and Paul Ourselin (TotalEnergies).

6,5 kilometer menuju garis finis, Herrada melakukan serangan ketika menuju tanjakkan. Ia kemudian berhasil memimpin di depan untuk menjadi juara di etape ke-11 Vuelta a Espana. Kemenangan ini juga merupakan kemenangan ketiga Herrada di balapan ini setelah sebelumnya ia berhasil meraih kemenangan etape di tahun 2019 dan tahun 2022 lalu.

Romain Gregoire (Groupama-FDJ) finis tiga detik kemudian untuk meraih posisi kedua dan Andrea Kron (Lotto Dstny) di urutan ketiga dengan selisih waktu delapan detik.


Jesus Herrada mendapatkan perawatan medis setibanya di garis finis 

Kemenangan Herrada ini juga sekaligus mempersembahkan timnya Cofidis kemenangan GrandTour ketiga di musim ini. Setelah finis, Herrada sempat mendapatkan perawatan medis karena ia kehabisan tenaga dan mengalami sesak nafas.

“Saya sangat senang bisa meraih kemenangan, ketika saya melihat celah di peloton, saya mencoba mengerahkan seluruh tenaga saya ketika menuju tanjakkan dan kemudian melakukan sprint hingga garis finis,” ucap Herrada dilansir dari Cyclingnews.

“Anda tidak akan pernah tahu hasilnya jika tidak mencoba, terkadang itu berhasil dan juga tidak, dan senang rasanya hari ini bisa berhasil dan meraih kemenangan,” tutup Herrada.

Sementara, para pembalap general classification (GC) baru finis 5 menit 55 detik kemudian dengan Remco Evenepoel menjadi yang terdepan. Namun, klasemen GC tetap tidak berubah dengan  Sepp Kuss (Jumbo-Visma) mempertahankan keunggulan 26 detik atas Marc Soler (UAE Team Emirates). Evenepoel berada di urutan ketiga dengan waktu 1:09, dengan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) berada di urutan keempat dengan waktu 1:36.(Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS