Sukses Ganda Jumbo-Visma: Roglic Menang Etape 8, Kuss Pimpin GC


Selebrasi Roglic di Garis Finis Etape ke-8 Vuelta

Persaingan general classification (GC) semakin memanas setelah Primoz Roglic (Jumbo-Visma) berhasil unggul atas Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) di etape ke-8 Vuelta a Espana. Roglic mencuri kemenangan dari Eveneopoel di 1 kilometer terakhir jelang garis finis.

Etape ke-8 memiliki rute sepanjang 165 km dan didominasi rute tanjakkan di lereng perbukitan Xorret de Cati. Tanjakan sepanjang 3,9 km dengan gradien 11,4% menjadi tantangan bagi pembalap menuju garis finis.

Ketika balapan menuju segmen tanjakkan, De Gendt (Lotto-Dstny) memimpin di depan. Ketika balapan mencapai puncak Alto de Vall d’Ebo, Jesus Herrada (Cofidis) melakukan serangan untuk bisa memimpin tanjakkan.

10 km terakhir jelang garis finis, tim Jumbo-Visma melakukan serangan dan berhasil memimpin di depan. 5 km terakhir, menjadi ajang bersaingnya beberapa nama besar seperti Geraint Thomas (Ineos Grenadiers), Remco Evenepoel, Juan Ayuso (UAE Team Emirates), Hugh Carty (EF Education-EasyPost).

Sepp Kuss (Jumbo-Visma) dan Remco Evenepoel memimpin di depan ketika balapan menyisakan beberapa kilometer jelang finis, namun Kuss terjatuh ketika balapan menyisakan 1 km jelang finis.


Selebrasi Sepp Kuss setelah berhasil merebut jersey merah dari  Martinez

Ketika Evenepoel merasa sudah aman berada di depan sendirian, Roglic kemudian muncul melakukan serangan di beberapa meter terakhir dan berhasil mencuri kemenangan dari Evenepoel. Evenepoel harus puas berada di posisi kedua dan diikuti Juan Ayuso yang finis di posisi ketiga.

Hasil ini membuat Roglic berhasil merebut bonus waktu empat detik untuk naik lima peringkat ke peringkat ketujuh di klasemen GC sementara.

Sementara, Meski hanya finis di posisi ketujuh, Sepp Kuss berhasil merebut podium GC dari Lenny Martinez, setelah Martinez sempat mengalami kendala dan finis di posisi ke-13 klasemen. Kuss kini memimpin 43 detik di depan Marc Soler (UAE Team Emirates) yang berada di posisi kedua dan unggul satu menit dari Lenny Martinez (Groupama-FDJ) yang berada di posisi ketiga.

“Saya selalu melakukan yang terbaik di balapan, tim hari ini melakukan pekerjaan yang luar biasa tentunya, dan senang rasanya bisa menang hari ini,” ujar Roglic dilansir dari Cyclingnews.

“Kami kini memiliki tiga pembalap yang bersaing di GC, dan bukan tidak mungkin kedepannya rekan tim kami lainnya akan menyusul,” tutup Roglic sambil tertawa.(Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS