Social Ride Rasa Balapan, Hadi Tombro Mulai Rangkaian Badlands 2023


Trihadi Siswanto 'Tombro' di titik start social ride Badlands 2023, Kamis (31/8)

Trihadi Siswanto memulai rangkaian salah satu event ultra cycling paling kejam di dunia, Badlands 2023. Kamis waktu setempat (31/8), ia bersama puluhan peserta lainnya menjalani social ride. Ini adalah semacam bersepeda pemanasan yang diselenggarakan oleh panitia.

Start dari Palacio de Congresos de Granada, gedung yang juga akan menjadi titik start Badlands 2023, para cyclist berkeliling di areal perbukitan dan kota sekitar Granada. Total jarak yang ditempuh 52 km, dengan waktu 3 jam 11 menit.

”Pemanasan tapi serasa balapan. Kenceng-kenceng semua meski yang dilalui rute berbatu, berpasir, dan menanjak,” kata Hadi Tombro, sapaan Trihadi.


Peserta social ride ketika melewati areal perbukitan Granada, Spanyol

Dijelaskan Hadi, dari total 352 peserta, baik solo maupun pair, hanya 70-an peserta yang ikut social ride kemarin. Sejumlah peserta lain banyak yang belum datang. Memang, mayoritas peserta dari Eropa, mereka rencananya akan datang hari ini, bahkan ada yang besok.

Bagi Hadi, Badlands 2023 adalah event ultra cycling pertamanya di luar negeri. Ia merasakan event yang akan menempuh jarak 800 km dengan gain elevation 16.000 dan mayoritas rute gurun itu dikerjakan dengan rapi dan profesional. ”Semua on time. Tapi yang paling istimewa adalah pemandangannya, luar biasa indah, juga rute gravelnya yang sangat menantang, naik turun dengan kemiringan tinggi,” papar Hadi.

Dari diskusi dengan peserta-peserta yang sebelumnya pernah ikut Badlands, Hadi mendapati bahwa mbambung (bahasa Jawa untuk tidur di mana pun termasuk di alam bebas) bakal menjadi pilihan. Sebab, mayoritas rute yang akan dilalui adalah gurun yang jauh dari penginapan maupun pemukiman warga.

”Kami nantinya juga akan melewati kota mati. Bismillah, bisa, semoga persiapan saya naik dan menginap di gunung di Jawa Tengah awal Agustus lalu bisa berguna,” harap Hadi.


Hadi Tombro nanjak rute gravel di Granada menggunakan sepeda Wdnsdy Journey KS dan apparel Sub Jersey saat social ride Badlands 2023.

Jumat dan Sabtu waktu setempat Badlands masih akan menyelenggarakan social ride untuk yang kedua dan ketiga. Sama dengan yang pertama, dimulai dengan ngopi bareng di pukul 10.00 waktu setempat, gowes, lalu makan-makan. Menu makan dan minum saat finis bervariasi. Sabtu sore, baru akan diselenggarakan technical meeting. Start dilakukan Minggu pagi.

Saat social ride kemarin, Hadi bertemu dengan pembalap sepeda yang pernah ngetop di Indonesia, Oscar Pujol Munoz. Pembalap asal Spanyol itu pernah membela tim sepeda continental asal Surabaya Polygon Sweet Nice (PSN). Pujol sangat sering berlomba di Indonesia, baik saat bersama PSN maupun Azad University. Ia pernah juara Tour de Singkarak 2012. Nah, Pujol pun akan menjadi peserta di Badlands 2023.

Siapa lebih cepat, Pujol atau Tombro? Menarik kita tunggu. (*)


COMMENTS