Juara Etape 3 Vuelta a Espana, Remco Evenepoel Rebut Puncak Klasemen GC


Remco Evenepoel finis satu detik di depan juara Tour de France 2023, Jonas Vingegaard.

Juara bertahan La Vuelta a Espana Remco Evenepoel mulai menunjukkan dominasinya. Pembalap Soudal-Quickstep itu meraih kemenangan di etape 3 La Vuelta a Espana 2023. Hasil itu sekaligus membuatnya nangkring di puncak klasemen general classification (GC).

Evenepoel sekaligus berhasil mengungguli juara Tour de France 2023, Jonas Vingegaard yang finis kedua di daratan tinggi di Andorra. Posisi ketiga ditempati Juan Ayuso dari UEA Team Emirates.

Etape 3 sendiri berjalan cukup ketat. Terbukti ada 10 pembalap yang hanya finis satu detik di belakang Evenepoel. 

Hasil ini sekaligus membuat Evenepoel menempati posisi pertama di klasemen GC. Disusul Enric Mas (Movistar) yang tertinggal lima detik. Lalu ada Lenny Martinez (Groupama-FDJ)  di urutan ketiga dengan waktu 31 detik.

Etape 3 adalah ruta tanjakan pertama di Vuelta a Espana 2023. Menyuguhkan rute 158,5 km dari Suria-Arinsal menuju Andorra. Ada dua tanjakan kategori 1 dengan gradien 7,7 persen di rute ini. Yakni di Coll d'Ordino (17,3 km) dan di finis di Arinsal (8,3 km).

Sejak awal Vuelta a Espana 2023, Evenepoel termasuk pembalap yang kerap ngomel terkait dengan standar keamanan di event Grand Tour ini. 

Pun demikian saat ia diwawancara media setelah berhasil finis pertama di etape 3. Ia terlihat kesal. Apalagi setelah finis ia sempat menabrak seseorang penonton. Ia terjatuh, wajahnya berdarah.

“Itu (penonton) hanya berjarak 50 meter setelah garis finis. Kondisi membahayakan ini terjadi tiga hari berturut-turut. Ini sedikit mematahkan semangat saya,” kata Evenepoel.

Sebelumnya, pembalap Belgia itu menyoroti masalah keselamatan di etapa pertama. Etape pertama yang dikemas sebagai Team Time Trial (TTT) dianggap membahayakan karena digelar pada kondisi gelap dengan kondisi cuaca buruk.

Di etape kedua pun sama. Cuaca buruk kembali menjadi masalah. Sejumlah pembalap kemudian melayangkan protes terkait penentuan poin GC yang berpotensi menyebabkan kecelakaan massal.

Di luar soal komplainnya, Evenepoel senang dengan keberhasilannya merebut posisi pertama di klasemen sementara GC. Ia menyebut hasil itu buah dari "taktik sempurna" Soudal-Quickstep.

“Saya merasa sangat baik di pendakian terakhir. Saya bisa melakuan sprint panjang dan sangat kuat. Saya sangat senang dengan kemenangan ini,” ujarnya. Hasil ini menurutnya sangat menentukan untuk balapan-balapan berikutnya.(mainsepeda)

Hasil Etape 3 La Vuelta a Espana 2023

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS