Sepeda Brompton Edisi Satu Juta Keliling Dunia, Kini Singgah di Jakarta

Produksi sepeda lipat Brompton telah mencapai unit ke-1 juta pada Desember 2022 lalu. Untuk menandai produksi bersejarah tersebut, pabrikan asal Inggris itu merilis model The One Millionth Brompton.

Sepeda tersebut dirancang dengan inspirasi dari model pertama yaitu Mark One. The One Millionth Brompton dirancang semirip mungkin dengan edisi pertama yang diproduksi pada 1975 oleh Andrew Richie. The One Millionth Brompton memiliki warna Richie Red dengan 6 speed, serta semua komponen dibuat mirip dengan Mark One.

“The One Millionth Brompton ini tidak dijual. Tetapi memang dibawa keliling dunia sejak Desember lalu dari Greenford, London ke 18 kota, termasuk ke Jakarta saat ini. Setelah ini ke menuju Korea. Lalu ke Jepang hingga kembali ke London pada Desember 2023 mendatang,” ujar Kevin Wijaya, Country Manager Brompton Bicycle Indonesia.

The One Millionth Brompton memang tidak dijual. Tetapi Brompton menghadirkan variasi lain untuk para penggemar setianya. Mereka merilis empat warna ikonik dari Brompton Archive Edition. Ada tiga pilihan warna yaitu Apple Green, Baby Pink, dan Arctic Blue.

“Archive Edition ini juga dibuat mirip dengan The One Millionth. Cuma bedanya mereka 3 speed. Archive Edition dijual untuk umum tapi jumlahnya terbatas. Hanya 1000 sepeda di seluruh dunia. Indonesia dapat jumlah terbatas,” kata Kevin.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, The One Millionth Brompton dipamerkan dalam Dealers Exhibition di tiga lokasi pada Kamis (10/8) hingga Sabtu (12/8). Di Kampung Sepeda BSD, STC Senayan), dan di SCBD.

Kemudian acara puncaknya berlangsung pada Minggu, 13 Agustus 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Brompton Indonesia mengadakan Three Peaks Challenge yang dikemas dengan lomba bernuansa 17 Agustus. Kevin mengonfirmasi acara tersebut diikuti 30 tim yang masing-masing berisi 5 orang.

“Kami juga mengundang para Bromptoneers yang tidak mendapat slot peserta untuk ikut meramaikan acara. Jadi, total yang hadir nanti sekitar 250-300 orang. Acaranya nanti lomba setiap tim harus memecahkan problem di tiap pos. Pas banget sama bulan kemerdekaan jadi peserta menggunakan kostum ala 17 an,” imbuh Kevin.(mainsepeda)

 


COMMENTS