Selesai Tour de France, MVDP Bidik World Championship-Road Race

Setelah tampil tidak dalam performa terbaiknya di Tour de France 2023. Mathieu van der Poel (MVDP) kini sedang bersiap mengikuti Kejuaraan Dunia Balap Sepeda road race edisi ke-90. Event itu diselenggarakan di Glasglow, 6 Agustus 2023 mendatang.

Di Tour de France lalu, pembalap asal Belanda ini memang berhasil membantu rekan setimnya di Alpecin-Deceuninck, Jasper Philipsen meraih empat kemenangan etape. Sekaligus meraih jersey hijau. Namun performa pribadinya tidak terlalu menonjol.

Sempat terjatuh di etape ke-11, namun secara umum Van der Poel berhasil menuntaskan tugasnya di TdF lalu. Ketika ditanya mengenai apa yang akan ia lakukan setelah TdF dan bagaimana kondisinya usai Tour de France, Van der Poel mengatakan dirinya merasa jauh lebih prima. "Mungkin saya akan segera melakukan beberapa sesi latihan untuk persiapan menuju Kejuaraan Dunia,” ujar Van der Poel.

Hari terakhirnya di Tour de France, Van der Poel gagal untuk mempersembahkan gelar kelima untuk timnya. Namun ia tidak merasa kecewa dengan hasil TdF lalu. “Saya rasa kami sudah melakukan balapan yang baik bersama tim,” ungkapnya.

Performa MVDP sendiri di Tour de France tak terlalu mentereng. Pembalap 28 tahun ini mencoba melakukan empat kali breakaway, namun tidak satupun yang berhasil membawanya menuju podium juara untuk menambah gelar kemenangan etapenya. Ia terakhir meraih juara etape pada TdF 2021 lalu.

Van der Poel mengatakan, kondisi tubuh yang tidak fit adalah penyebab utama mengapa ia tidak berada di level terbaiknya. “Sebagai pembalap spesialis balapan klasik, saya merasa tak memiliki banyak kesempatan. Kondisi sakit juga membuat saya tidak bisa menampilkan performa terbaik saya,” ungkapnya.

“Namun kini kondisi saya sudah jauh lebih baik dan pulih sepenuhnya. Semoga ini pertanda baik untuk kejuaraan dunia bulan depan,” sambungnya.

Kejuaraan Dunia road race yang digelar di Glasglow menghadirkan rute sepanjang 271,1 km di perbukitan. MVDP (sapaan akrab Van der Poel) berusaha meraih gelar pertamanya di event itu. Ia bakal menghadapi para pesaing sesama sprinter unggulan lainnya seperti Wout van Aert dan Mads Pedersen.(Mainsepeda)


COMMENTS