Etape ke-20 dan Kuncian Gelar Juara Tour de France 2023 Jonas Vingegaard


Vingegaard di garis finis etape ke-19 TdF.

Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) siap-siap mengunci kemenangan di etape pegunungan terakhir du Tour de France 2023. Pembalap asal Denmark itu akan melakukan segalanya demi mengunci gelar di etape ke-20.

Etape ke-20 Tour de France akan start dari Belfort dan finis di Ski Le Markstein Fellering. Jaraknya 133,5 km.

“Saya rasa etape ke-20 berlangsung sangat ketat. Ini adalah etape pegunungan terakhir. Saya rasa di etape ke-19 para pembalap menyimpan tenaganya untuk etape pegunungan terakhir itu,” kata Vingegaard saat hadir di sesi konferensi pers.  

Di etape ke-19, pembalap asal Vingegaard itu berhasil mengamankan posisinya di peloton pengejar. Ia finis di posisi ke-37. Vingegaard finis dengan selisih waktu 13 menit dan 43 detik di belakang Matej Mohoric (Bahrain Victorious) yang meraih juara etape 19.

Baca Juga: Matej Mohoric Menangi Etape dengan Kecepatan Tertinggi di Sejarah Tour de France

Pembalap 26 tahun itu kini memiliki selisih waktu 7 menit 35 detik di depan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) yang ada di posisi kedua. Vingegaard juga menjauh 10 menit 45 detik dari Adam Yates, rekan setim Pogacar yang ada di posisi ketiga klasemen GC.

Vingegaard sebenarnya bisa dipastikan menjadi juara Tour de France 2023 musim ini. Selisih waktu yang terlalu jauh agak mustahil dikejar Pogacar maupun Adam Yates.

Namun, direktur olahraga Jumbo-Visma, Merijn Zeeman, mengatakan bahwa perjuangan meraih jersey kuning masih berjalan hingga etape terakhir di Paris.

“Etape ke-20 adalah etape yang sulit. Ini adalah minggu ketiga Tour de France dan saya rasa semua pembalap dalam kondisi kelelahan. Saya yakin semua pembalap akan bersaing ketat di etape ke20 nanti,” kata Zeeman.

Zeeman menambahkan, Jumbo-Visma tetap pada rencana dan strategi yang sudah dipersiapkan. "Tour ini adalah balap sepeda yang terdiri dari 22 tim. Saya pikir akan ada banyak hal yang akan terjadi di etape 20. Kami tetap mencoba melakukan yang terbaik dan saya yakin semua orang juga akan melakukan hal yang sama,” kata Zeeman,(Mainsepeda)


COMMENTS