Catatan Pertemuan Vingegaard vs Pogacar di Balapan Individual Time Trial

Setelah selama seminggu terakhir, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) selalu bersaing di tiap etape Tour de France 2023. Di etape ke-16 setelah rest day, dua rival ini akan bersaing secara terpisah melalui Individual Time Trial (ITT).

Etape ke-16 Tour de France akan dibukan dengan ITT sejauh 22,4 km, dari Passy dan finis di Combloux. Hasil ITT ini tentunya sangat penting bagi kedua pembalap, karena bukan tidak mungkin, ITT akan menjadi penentu kemenangan di akhir Tour de France 2023.

Sejarah head to head antara Pogacar dan Vingegaard sudah beberapa kali terjadi. Ketika mereka berdua masih berkarir di U-23, keduanya berhadapan di sembilan kali ITT. Pogacar unggul dengan enam kemenangan. Sementara Vingegaard mencuri tiga kemenangan.

Vingegaard kali pertama mengalahkan Pogacar pada ITT di Itzulia Basque Country 2021. Pembalap asal Denmark itu menempati posisi ketiga dan unggul sepuluh detik dari Pogacar yang menempati posisi kelima di ITT sepanjang 13 km. Saat itu lomba dimenangkan Primoz Roglic.

Di tahun yang sama, Pogacar mengklaim kemenangan di Tour de France etape ke-5 di ITT yang berjarak 27 km. Pogacar menempati posisi pertama, unggul 27 detik dari Vingegaard yang menempati posisi ketiga.

Tahun 2022, Pogacar unggul di Tirreno-Adriatico di ITT sepanjang 13 km. Dan Vingegaard berhasil membalas di Rocamadour.

Sementara di musim 2023, keduanya belum pernah bertemu secara langsung. Namun di musim ini, Vingegaard meraih hasil yang impresif di Criterium du Dauphine dan O Gran Camino pada balapan ITT. Sebaliknya, Pogacar hanya meraih satu kali kemenangan ITT di Slovenia pada bulan juni lalu.

Di 15 etape Tour de France 2023, Pogacar dan Vingegaard saling balas menyerang di tiap etape. Jarak antara kedua pembalap itu tiap etape di garis finis tidak pernah lebih dari dari satu menit.

Rivalitas Vingegaard dan Pogacar tentu juga melibatkan persaingan tim mereka Jumbo-Visma dan UAE Team Emirates. Hampir di setiap rute perbukitan dan tanjakan, aksi jual beli serangan terjadi, hingga di tiga etape terakhir, Vingegaar dan Pogacar bersaing untuk mendapatkan bonus waktu.

Di Tour de France etape ke-16 ini, kedua pembalap pasti akan melakukan segalanya untuk bisa mencatatkan waktu tercepat demi meraih keunggulan di general classification. Pogacar berpeluang merebut jersey kuning. Sedangkan Vingegaard memiliki peluang untuk memperlebar jarak sejauh mungkin dengan pembalap asal Slovenia itu.(Mainsepeda)


COMMENTS