Kwiatkowski Raih Kemenangan Kedua di TdF, Pogacar Perkecil Jarak di Klasemen GC


Selebrasi Kwiatkowski di finis etape ke-13 TdF

Michal Kwiatkowski (Ineos Grenadiers) berhasil mengulangi kesuksesannya meraih kemenangan etape Tour de France (TdF) 2020 silam. Di etape 13 TdF tahun ini, Kwiatkowski berhasil finis pertama. Sementara hasil etape 13 membawa Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) memperkecil jarak dengan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) di klasemen GC, setelah ia finis di posisi ketiga.

Kwiatkowsi berhasil mempersembahkan kemenangan untuk timnya, Ineos Grenadiers, di puncak Grand Colombier. Kemenangan ini ia dapat tidak mudah. Pembalap asal Polandia itu harus mengambil resiko melakukan breakaway dengan determinasi tinggi agar bisa memecah peloton pemimpin.

“Saya tidak percaya bisa menang di etape hari ini. Upaya yang saya lakukan di akhir etape adalah yang tersulit bagi saya. Saya berusaha mengatur kecepatan dengan baik hingga garis finis,” ucap Kwiatkowsi dilansir dari Cyclingnews.

Beberapa kilometer jelang garis finis, Kwiatkowski melakukan serangan dan kemudian berhasil memimpin balapan. Pogacar berusaha mengejar ketertinggalan, ia berhasil menyalip Vingegaard melalui sprint yang dilakukannya di akhir etape.

Kwiatkowski sukses menahan gempuran Pogacar dan berhasil finis di posisi pertama tanpa hambatan berarti. Maxim Van Gils (Lotto-Dstny) juga menunjukkan performa luar biasa dengan finis di urutan kedua dengan waktu 47 detik di belakang,

Kemudian disusul Pogacar di urutan ketiga dengan waktu 50 detik. Sementara itu Vingegaard harus puas berada di posisi keempat.


Momen Pogacar ketika berhasil  membalap Vingegaard di akhir etape

Finis di posisi ketiga, membuat Pogacar mendapatkan bonus waktu empat detik untuk memperkecil ketertinggalanya menjadi hanya Sembilan detik dari Vingegaard, dengan di akhir pekan ini balapan akan digelar di Pegunungan Alpen.

Di garis finis, Kwitkowski disambut pelukan hangat oleh rekan setimnya. Kemenangan hari ini seakan kembali menghidupkan asa Ineos Grenadiers yang mempunyai target meraih posisi lima besar di akhir Tour de France.

“Kemenangan ini bagaikan mimpi bagi saya, ketika melakukan breakaway, saya berpikir akan sangat sulit menang karena UAE Team Emirates terus memberikan tekanan di belakang. Kemudian saya merasa  kaki saya dalam kondisi yang baik hari ini dan saya melakukan segalanya sampai garis finis,” tutup pembalap berusia 33 tahun itu.

Etape ke-13 berjarak 137,8 km. Start di Chatillon-Sur-Chalaronne. Finis di Grand Colombier. Dengan hasil ini Vingegaard dan Pogacar masih bersaing di posisi satu dua GC. Disusul Jai Hindely (Bora-Hansgrohe) di posisi ketiga.(mainsepeda)

Hasil Etape 13 Tour de France 2023

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS