Penantian 13 Tahun Terwujud, Pello Bilbao Rebut Etape 10 Tour de France 2023

Tour de France berlanjut usai jeda satu hari. Pello Bilbao (Bahrain Victorious) meraih kemenangan pertamanya di ajang tersebut. Bilbao menjadi yang tercepat pada etape 10 pada Selasa, 11 Juli 2023.

Pembalap asal Spanyol itu menyelesaikan balapan dalam waktu 3 jam 52 menit 34 detik. “Kemenangan pertama dalam tur ini setelah 13 tahun. Ini momen yang istimewa buat saya. Saya melampaui batas dan mengeluarkan semua amarah dalam diri saya,” kata pembalap berusia 33 tahun itu.

Kemenangan ini juga menghadirkan suasana haru dan emosional di tim Bahrain Victorious. Tim itu sudah sejak awal menargetkan bisa meraih juara etape dan gelar itu akan dipersembahkan pada Gino Mader.

Gino merupakan pembalap Bahrain Victorious yang meninggal dunia karena kecelakaan di Tour de Suisse. Gino turun di kejuaraan itu juga bersama Bilbao.

Kemenangan tersebut membuat Bilbao merangkat naik ke posisi lima besar general classification (GC). Ia memiliki total waktu 42 jam 37 menit 47 detik. Puncak klasemen masih dikuasai oleh Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma Emirates) dengan selisih waktu 4 menit 34 detik lebih cepat.

Bilbao tampil mengesankan dalam etape ke-10 dari Vulcania ke Issoire sejauh 167,5 km itu. Bilbao menjadi salah satu dari lima pembalap yang mengejar Krists Neilands (Israel Premier Tech) di kilometer terakhir.

Setelah Neilands berhasil tertangkap peloton, Bilbao bereaksi cepat dengan melancarkan serangan terakhirnya. Ia beradu spint dalam 200 meter menuju finis.

Bilbao berhasil mengungguli Georg Zimmermann (Intermarche-Circus-Wanty). Sedangkan Ben O'Connor (AG2R Citroen) harus puas di posisi ketiga.

“Neilands melakukan serangan yang mengesankan. Saya pikir dia yang terkuat. Tetapi dia menghabiskan banyak energi dengan angin kencang yang menerpa wajahnya,” ujar Bilbao.

Bilbao menambahkan bahwa ia menemukan momentumnya pada 3 km terakhir. Pertama dengan menutup celah O’Connor. Kemudian sedikit membiarkan Zimmermann di atas angin sebelum kehabisan tenaga. Barulah Bilbao habis-habisan di menjelang garis finis.

Sementara itu Vingegaard mendapat perlawanan yang ketat dari Tadej Pogacar (UEA Team Emirates). Keduanya berselisih 17 detik. Vingegaard mempertahankan keunggulan setelah finis diurutan 21. Pogacar tercatat enam tingkat di belakang Vingegaard.

Etape 11 berikutnya akan menjadi persaingan ketat bagi para sprinter. Rute dari Clermont-Ferrant menuju Moulins tersebut bertipe flat. Rute tersebut memiliki jarak tempuh 180 km.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS