Ayuso Raih Juara Etape 5 Tour de Suisse, Mattias Skjelmose Kembali Rebut GC

Jersey kuning sebagai penanda penguasa klasemen sementara general classification (GC) di Tour de Suisse ternyata tak lama dipakai Felix Gall (AG2R Citroen). Sebab di akhir etape ke-5, posisi pertama klasemen GC kembali direbut oleh Mattias Skjelmose (Trek-Segafredo).

Etape ke-5 Tour de Suisse sendiri menjadi milik Juan Ayuso dari UEA Team Emirates. Kemenangan itu membuat pembalap Spanyol berusia 20 tahun tersebut sekaligus mencatatkan kemenangan keduanya di WorldTour musim ini. Sebelumnya Ayuso meraih kemenangan etape di Tour de Romandie.

Ayuso layak disebut penguasa tanjakan di Tour de Suisse. Sebab etape ke-5 merupakan queen stage dari Tour de Suisse. Etape kelima menyajikan rute 211 kilometer, antara Fiesch dan La Punt. Pembalap bakal menghadapi tanjakan lebih dari 4.000 meter.

Ayuso sukses menyerang di lereng Albula Pass. Ia terus memimpin dan tidak memberikan ruang sedikitpun pada pembalap di belakangnya untuk mengejar, hingga turunan 10 km menuju finis La Punt.

Penampilan ini juga membuat Ayuso kembali bersaing di klasemen GC. Setelah ia sempat kesulitan di etape sebelumnya.

Hampir satu menit setelah Ayuso melewati garis finis, Mattias Skjelmore memimpin rombongan peloton GC dan finis di posisi kedua. Skjelmore mendapatkan tambahan waktu 6 detik. Ini sekaligus membuat Skjelmore mengkudeta jersey kuning dari Felix Gall.

Felix Gall berada di antara rombongan di belakang Skjelmore. Tapi ia kehilangan empat detik di tikungan terakhir jelang garis finis dan harus merelakan jersey kuningnya.

Posisi ketiga etape ke-5 diraih Pello Bilbao (Bahrain Victorious). Sementara itu Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) tertinggal cukup jauh di tanjakan Albula Pass. Ia harus mengakui keunggulan Skjelmose dengan selisih waktu 26 detik + (10 detik bonus waktu).

“Beberapa hari kemarin saya menjalani balapan dengan tak terlalu baik. Tapi hari ini saya merasa berada dalam kondisi prima. Ini etape yang sulit dan banyak tanjakan dan saya senang karena bisa menang,” ujar Ayuso dilansir dari Cyclingnews.

Etape ke-5 memiliki rute sepanjang 211 km. Para pembalap harus melewati tiga tanjakan. Pertama di Furka Pass (16,5 km: 6,4 persen), Oberal Pass (10,7 km: 5,6 persen) dan tanjakan panjang terakhir di Albula Pass (17,4 km: 6,8 persen). Setelah itu turunan pendek terakhir menuju finis di La Punt.

Pada awal balapan, para pembalap saling menyerang hingga 7 km terakhir di Albula Pass. Tim AG2R mengobrak-abrik peloton dan membukakan jalan bagi Felix Gall untuk merebut posisi pertama.

Empat pembalap di dalam peloton pemimpin berhasil memanfaatkan celah yang terbuka untuk mengejar. Ayuso, Bilbao, Kelderman, dan Bardet, dan mengejar Felix Gal.

Ayuso berhasil melewati tiga pembalap di peloton pemimpin dan unggul hingga garis finis. Skjelmose juga memanfaatkan situasi ini untuk merangsek ke posisi kedua di tanjakan terakhir. Dan, Felix Gall harus merelakan posisi pertama dan jersey kuningnya setelah hanya bisa finis di posisi ke-8.(mainsepeda)

Hasil Etape Kelima Tour de Suisse 2023 (Top 10)
1. Juan Ayuso, UAE Team Emirates, 05:23:01
2. Mattias Skjelmose Jensen, Trek-Segafredo, +54
3. Pello Bilbao, Bahrain Victorious, +54
4. Rigoberto Col Uran, EF Education-EasyPost, +54
5. Romain Bardet, Team DSM, +54
6. Wilco Kelderman, Jumbo-Visma, +54
7. Rui Costa, Intermarché-Circus-Wanty, +58
8. Felix Gall, AG2R Citroën Team, +58
9. Antonio Tiberi, Bahrain Victorious, +01:01
10. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, +01:20

Klasemen Sementara General Classification Tour de Suisse 2023 (Top 10)
1. Mattias Skjelmose Jensen, Trek-Segafredo , 16:43:41
2. Felix Gall, AG2R Citroën Team, +08
3. Juan Ayuso, UAE Team Emirates, +18
4. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, +46
5. Pello Bilbao, Bahrain Victorious, +57
6. Wilco Kelderman, Jumbo-Visma, +01:16
7. Romain Bardet, Team DSM, +01:29
8. Rigoberto Col Uran, EF Education-EasyPost, +01:54
9. Cian Uijtdebroeks, BORA-hansgrohe, +01:57
10. Dylan Teuns, Israel-Premier Tech, +03:00

Ikuti Podcast terbaru Azrul Ananda dan Johnny Ray lewat video di bawah ini


COMMENTS