Rebut Etape 2 Tour de Suisse 2023, Biniam Girmay Catat Sejarah Baru

Biniam Girmay membuktikan ia memang layak diunggulkan di Tour de Suisse 2023. Pembalap Intermache-Circus-Wanty itu berhasil memenangi etape 2 Tour de Suisse 2023 setelah sebelumnya adu sprint di akhir etape.

Girmay menang secara dramatis di beberapa meter menjelang garis finis. Sebelumnya ia berhasil memanfaatkan peluang untuk melaju ke garis finis dan meraih juara.

Di etape ke-2, Wout van Aert (Jumbo-Visma) sempat memimpin sprint hingga Notwil. Namun Girmay berhasil menyalip Van Aert di 100 meter terakhir dan memimpin balapan hingga garis finis. Urutan berikutnya Arnaud Demare (Groupama-FDJ) di posisi kedua lalu Van Aert di tempat ketiga.

Etape ke-2 Tour de Suisse memiliki rute sepanjang 174 km. Sebagian besar rute datar. Sempat terjadi kecelakaan di 30 km terakhir menjelang finis. Insiden ini menyebabkan peloton terpecah menjadi dua rombongan. Satu peloton pemimpin terdepan kemudian saling beradu sprint hingga garis finis.

Di balapan ini Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) dan Van Aert berhasil meraih bonus waktu untuk memperkecil jaraknya dari pemimpin klasemen GC sementara Stefan Kung (Groupama-FDJ). Evenepoel kini hanya tertinggal lima detik. Sedangkan Van Aet berada di posisi ketiga dengan selisih enam detik.

Girmay sebenarnya masih dalam masa pemulihan setelah kecelakaan yang menyebabkan gegar otak di Tour of Flanders. Kemenangan ini juga sekaligus membuat timnya Intermache-Circus-Wanty berhasil meraih kemenangan kedua di WorldTour musim ini. 

Tak hanya itu, kemenangan ini mencatatkan Girmay sebagai warga negara Eritrea pertama yang berhasil memenangkan etape di Tour de Suisse.

“Saya tidak menyangka bisa menang hari ini, dua bulan setelah kecelakaan yang saya alami, saya tidak punya cukup waktu untuk mengembalikan performa saya. Rasanya sangat senang bisa menang hari ini,” ujar Girmay.(mainsepeda)

Hasil Etape Kedua Tour de Suisse 2023 (Top 10)
1. Biniam Eri Girmay, Intermarché-Circus-Wanty, 03:53:37
2. Arnaud Demare, Groupama-FDJ, “
3. Wout Van Aert, Jumbo-Visma, “
4. Pavel Bittner, Team DSM, “
5. Peter Sagan, TotalEnergies, “
6. Jordi Meeus, BORA-hansgrohe, “
7. Iván Garcia Cortina, Movistar Team, “
8. Alex Aranburu, Movistar Team, ”
9. Mike Teunissen, Intermarché-Circus-Wanty, “
10. Cédric Beullens, Lotto Dstny, ”

Klasemen Sementara General Classification Tour de Suisse 2023 (Top 10)
1. Stefan Kung, Groupama-FDJ, 04:07:08
2. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, +5
3. Wout Van Aert, Jumbo-Visma, +6
4. Magnus Sheffield, Ineos Grenadiers, +11
5. Johan Price Pejtersen, Bahrain Victorious, +17
6. Mattias Skjelmose Jensen, Trek-Segafredo, +19
7. Stefan Bissegger, EF Education-EasyPost, +20
8. SOBRERO Matteo Sobrero, Team Jayco-AlUla, +20
9. Kasper Asgreen, Soudal Quick-Step, +23
10. Juan Ayuso, UAE Team Emirates, +25

Saksikan Race Commentary Bromo KOM 2023 yang Super Kocak!


COMMENTS