Bisa Beradaptasi dengan Cuaca, Dzaki Nyaris Tabrak Rusa di Hutan Beverhead

Dzaki Wardana sudah mulai bisa beradaptasi dengan kondisi rute di Amerika Serikat. Perjalanannya di Trans Am Bike Race (TABR) di hari kelima dan keenam pun jauh lebih lancar dibanding hari-hari awal.

Dzaki mengaku sudah mulai bisa beradaptasi dengan kondisi suhu, cuaca, dan jalanan di Amerika.

Perjalanan Dzaki di hari kelima melewati Beaverhead County dan Rattlesnake Creek. "Terbilang lancar. Rutenya pegunungan dan sungai di sepanjang jalan," ujar Dzaki mengabarkan pada Mainsepeda.

Di hari kelima ini, Dzaki berhasil menempuh 311 km dengan elevation gain 1.700. “Hari kelima nggak ada kendala sama sekali. Ya sedikit bosan saja dengan dengan rute sungai dan gunung rasanya,” kata Dzaki, lantas tertawa.

Sementara itu, di hari keenam Dzaki berangkat pukul 5:30 AM (waktu Amerika). Ia memulai perjalanan dari Idaho. Awalnya ia mempunyai target finis di Nevada City, Montana. Tapi pada akhirnya karena bisa lebih beradaptasi, Dzaki memilih beristirahat lebih jauh sampai Ennis, Montana. Lebih jauh sekitar 25,5 km. 

Di perjalanannya hari keenam, lagi-lagi Dzaki harus melewati jalur tanjakanm di Mountain Pass di Kawasan Beverhead National Forest. Serunya, kawasan ini terbilang rawan dengan hewan liar yang sering menyebrang di sepanjang jalan.

Bahkan saat melewati Mountain Pass dan menuju turunan, Dzaki hampir menabrak rusa yang sedang menyebrang di tengah jalan. Beruntung ia bisa melakukan manuver dan menghindari tabrakan. “Pas hampir nabrak rusa rasanya badan saya langsung gemetaran,” kenangnya.

Ketika di Mountain Pass, Dzaki sempat kehabisan logistik. Hingga di km 100 sesampainya di Jackson City, ia langsung memutuskan beristirahat dan mengisi logistik. Kondisi sepedanya juga masih baik-baik saja. Begitu pula dengan ban juga diperkirakan masih aman hingga 1.000 km ke depan.

Perjalanan Dzaki di hari keenam banyak bertemu dengan cyclist lain di sepanjang jalan. Terutama ketika sampai Virginia City, Montana. Beberapa kali ia menyapa mereka dan bercengkrama sejanak. Kadang foto bersama atau bertukar media sosial.

"Awalnya saya memang ingin istirahat di Virginia City, tapi karena masih mampu lanjut lagi sampai Ennis," katanya. Total di hari keenam Dzaki menempuh jarak 337 km dengan 2.800 elevation gain.

Di Ennis Dzaki memutuskan menginap di kantor pos. Dia diizinkan menginap di dalam kantor. “Karena kata orang kantor pos, itu bagian dari public space. Jadi boleh tidur di situ. Lumayan menghemat karena harga hotel di sini mahal banget,” pungkas Dzaki.

Saat tulisan ini diturunkan, Dzaki sedang menuju Yellowstone, Grand Teton, di Kawasan Colorado. Keindahan kawasan itu luar biasa!(mainsepeda)

Saksikan Podcast Mainsepeda terbaru


COMMENTS