Dominasi Etape 5 Criterium du Dauphine, Vingegaard Juara dan Rebut Klasemen GC


Selebrasi Jonas Vingegaard di finis etape 5 

Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) menunjukan performa luar biasa di etape ke-5 Criterium du Dauphine. Ia berhasil menjadi mengalahkan Julian Alaphilippe (Soudal-QuickStep) serta Tobias Johannesen (Uno-X) yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Di etape 5, Richard Carapaz dari EF Education-EasyPost menjadi pembalap pertama menyerang ketika menuju tanjakan kedua. Aksi Carapaz membuat para pembalap general classification (GC) melakukan pengejaran.

Vingegaard dan Alaphilippe yang berada di antara peloton pemimpin berhasil lepas dan mengejar Carapaz.

Pembalap Denmark itu berhasil merebut posisi pertama di tanjakan Cote de Thesy. Ia sempat bersaing dengan Richard Carapaz. Namun Vingegaard berhasil menumbangkan perlawanan Carapaz dan memimpin di depan sendirian.

Vingegaard terus melaju sendirian hingga garis finis. Ia memimpin dengan gap 35 detik di depan peloton pengejar. Vingegaard memimpin di sepanjang 14 km menuju finis di Salins-Les-Bains.

Adam Yates (UAE Team Emirates) dan Ben O’Connor (AG2R Citroen) sebenarnya juga sempat berusaha mengejar Vingegaard. Tapi persaingan ketat dan ruang yang sempit di peloton pemimpin membuat Vingegaard bisa melenggang sendirian hingga garis finis tanpa perlawanan berarti.


Carapaz (depan), Vingegaard (belakang), Ketika bersaing di Tanjakan kedua Criterium

Egan Bernal (Ineos) sempat mencoba menyerang dan menyalip peloton pemimpin. Tapi, pembalap Kolombia itu tidak bisa mengambil keuntungan karena hampir semua peloton pemimpin seakan merelakan posisi pertama dan fokus untuk bersaing di perebutan posisi kedua.

Vingegaard kini memimpin general classification dengan selisih waktu 1 menit 10 detik dari O’Connor. Vingegaard berjarak 1 menit 23 detik dari Alaphilippe.

Kemenangan Vingegaard di etape ke-5 ini memang membuatnya berhasil memperlebar jarak dengan para pesaing terdekatnya di perebutan GC. “Saya sangat defensif di balapan hari ini. Tapi ketika kesempatan untuk menyerang terbuka, saya bisa memanfaatkan celah memenangkan balapan,” ujar Vingegaard dilansir dari Cyclingnews.

Mikkel Bjerg (UEA Team Emirates) yang berada di antara para pesaing GC harus mengubur mimpinya untuk menjadi juara. Ia terjatuh di tanjakan terakhir menjelang finis.

“Matteo Jorgenson terjatuh di depan saya dan saat itu saya harus keluar dari jalur untuk menghindari tabrakan di tikungan. Tapi saya terjatuh karena tidak dapat mempertahankan keseimbangan” cerita Bjerg.(mainsepeda)

Hasil Etape ke-5 Criterium du Dauphine (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard, Jumbo-Visma, 4:03:42
2. Julian Alaphilippe, Soudal-QuickStep, +31 detik
3. Tobias Halland Johannessen, Uno-X, "
4. Clement Champoussin, Arkea Samsic, "
5. Max Poole, DSM, "
6. Jai Hindley, Bora-Hansgrohe, "
7. Enric Mas, Movistar, "
8. Adam Yates, UAE Team Emirates, "
9. Lenny Martinez, Groupama-FDJ, "
10.Esteban Chavez, EF Education-EasyPost, "

General Classification
1. Jonas Vingegaard, Jumbo-Visma, 17:03:03
2. Ben O'Connor, AG2R Citroen, +1 menit 10  detik
3. Julian Alaphilippe, Soudal-QuickStep, +1:23
4. Adam Yates, UAE Team Emirates, +1:26
5. Felix Grobschartner, UAE Team Emirates, +1:27
6. Jai Hindley, Bora-Hansgrohe, +1:37
7. Jack Haig, Bahrain-Victorious, +1:44
8. Daniel Felipe  Martinez, Ineos grenadiers, +2:07
9. Mikkel Bjerg, UAE Team Emirates, +2:21
10. Guillaume Martin, Cofidis, +2:54

Saksikan Podcast Mainsepeda terbaru


COMMENTS