MVDP Fokus Kumpulkan Poin dari Mountain Bike Demi Ikuti Olimpiade 2024

Setelah hampir dua bulan absen dari dunia balap, Mathieu van der Poel (MVDP) mulai kembali berlatih. Ia fokus mengejar targetnya di Tour de France di Juli nanti. Serta Kejuaraan Dunia Mountain Bike pada Agustus mendatang.

Saat ini van der Poel sedang melakukan persiapan di kamp pelatihan timnya di La Plagne untuk persiapan Tour de France.

Pembalap Belanda ini terakhir kali balapan di Paris-Roubaix, April lalu. MVDP akan melanjutkan musim ini dengan balapan di Dwaars door het Hageland, Sabtu, 10 Juni 2023. Setelah itu ia akan bertarung di Baloise Belgium Tour minggu depan.

MVDP memilih membalap di Belgia daripada turun di Tour de Suisse. "Sebab jarak dan time trial di Suisse dan Belgia tidak memiliki perbedaan yang besar. Apalagi balapan berlangsung di hari yang sama,” ujar van der Poel dilansir dari Cyclingnews.

Van der Poel akan disibukkan dengan berbagai balapan ke depannya. Sebab ia telah mengonfirmasi bakal berkompetisi di ajang road bike dan mountain bike tahun ini. Kejuaraan dunia sepeda MTB sendiri diselenggarakan di Glasglow, 6 Agustus mendatang. Kejuaraan dunia ini diadakan UCI tiap empat tahun sekali.

MVDP memiliki motivasi mengumpulkan poin kualifikasi. Demi bisa bersaing di ajang balap sepeda gunung di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Ia juga memiliki misi balas dendam ketika sebelumnya harus tersingkir dalam perebutan medali emas di Olimpiade Tokyo, dua tahun lalu.

“Saya mencoba pergi ke Glasglow tanpa tekanan. Saya mencoba beradaptasi dengan cepat menggunakan sepeda gunung,” ujar van der Poel

Hanya akan ada 36 tempat yang tersedia untuk atlet yang bisa bersaing di Olimpiade. Delapan negara teratas akan mendapatkan dua tempat. Belanda saat ini berada di peringkat 31 di klasemen. Hal ini membuat Van der Poel harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya di berbagai ajang balap sepeda gunung hingga akhir musim ini agar bisa berpartisipasi di Olimpiade.

“Tentu tidak akan mudah untuk bisa pergi ke Olimpiade, tapi saya akan berusaha mencoba sebaik mungkin,” tutup van der Poel.(mainsepeda)

Jangan lupa saksikan Podcast Mainsepeda terbaru


COMMENTS