Akselerasi Akhir Antar Julian Alaphilippe Juara Etape 2 Criterium du Dauphine


Selebrasi Alaphilppe setelah raih kemenangan di Etape ke-2

Serangan di beberapa meter jelang finis membawa Julian Alaphilippe (Soudal-QuickStep) berhasil menjadi juara etape ke-2 Criterium du Dauphine, Senin 5 Juni 2023 waktu setempat. Ini sekaligus jadi kemenangan pertamanya di WorldTour, sejak terakhir 14 bulan lalu di Itzulia Basque Country.

Balapan di etape ke-2 Criterium mulai seru ketika memasuki 30 kilometer jelang finis. Ketika peloton pengejar EF Education-EasyPost, Movistar dan Intermarché-Circus-Wanty mulai melakukan serangan di rute yang melewati jalanan pedesaan serta jalur yang cukup sempit.

Ketika mendekati tanjakan Cote des Guestes, akselarasi dari tim Jumbo-Visma berhasil memecah peloton pemimpin. Hal itu membuat jarak antara pelotom pemimpin dan pengejar sangat rapat.

Richard Carapaz (EF-Education-EasyPost) melesat ke posisi pertama di La Chase Dieu. Tapi Alaphilippe berhasil mengatur jarak, melakukan akselerasi dan merebut kemenangan di sisa satu kilometer terakhir.

Dengan hasil ini, Christophe Laporte (Jumbo-Visma) tetap berada di puncak klasemen general classification (GC).


Persaingan satu kilometer jelang finis

Setelah menjalani musim 2023 yang buruk di Milan-San Remo dan cedera lutut di Tour of Flanders, Alaphilippe akhirnya berhasil kembali meraih kemenangan di WorldTour. Kemenanganya di Criterium ini merupakan kemenangan etape ketiganya di ajang ini sepanjang kariernya.

“Ini adalah kemenangan yang sulit, sebenarnya tim bekerjasama untuk membantu Ethan Vernon, tetapi karena situasi yang sangat sulit bagi Vernon untuk melakukan serangan, akhirnya saya yang mengambil inisiatif untuk memimpin tim,” ungkap Alaphilippe dilansir dari Cyclingnews.

Dengan serangan di satu kilometer terakhir, menunjukan bahwa Alaphilippe masih patut diperhitungkan menjadi pembalap top dunia. Mantan juara dunia 2021 ini memang menjalani musim yang buruk selama beberapa bulan terakhir.

Kecelakaan yang dialaminya di Liege-Bastogne-Liege dan performa buruk di balapan klasik seolah membuatnya kehilangan rasa percaya diri dan kehilangan sentuhanya di balapan. Namun kemenangan hari ini akan menjadikan Alaphilippe kembali ke persaingan papan atas.

“Sekarang kemenangan sudah saya raih, dan ini adalah hal yang baik. Kita lihat apa yang bisa saya lakukan di sisa minggu balapan ini ke depannya,” tutup Alaphilippe.(mainsepeda)

Hasil Etape 2 Criterium du Dauphine (Top Ten)

1. Julian Alaphilippe, Soudal-QuickStep, 3:54:53
2. Richard Carapaz, EF Education-EasyPost, "
3. Natnael Tesfatsion, Trek-Segafredo, "
4. Christophe Laporte, Jumbo-Visma, "
5. Maxim Van Gils, Lotto Dstny, "
6. Robert Stannard, Alpecin-Deceuninck, "
7. Fred Wright, Bahrain-Victorious, "
8. Oscar Onley, Team DSM, "
9. Marco Brenner, Team DSM, "
10. Clement Champpoussin, Team Arkea Samsic, "

General Classification

1. Christophe Laporte, Jumbo-Visma, 7:38:13
2. Julian Alaphilippe, Soudal-QuickStep, "
3. Richard Carapaz, EF-Education-EasyPost, +4 detik
4. Rune Herregodst, Intermache-Circus-Wanty, +6 detik
5. Maxim Van Gils, Lotto Dstny, +10 detik
6. Robert Stannard, Alpecin-Deceuninck, "
7. Fred Wright, Bahrain-Victorious, "
8. Marco Brenner, Team DSM, "
9. Clement Champoussin, Team Arkea Samsic, "
10.Edvald Boasson Hagen, TotalEnergies, "

Jangan lupa saksikan Podcast Mainsepeda terbaru


COMMENTS