Turun di Tour de France, Pogacar: Tangan Belum Pulih, tapi Kaki Sudah 100 Persen

Tadej Pogacar (UEA Team Emirates) akan fokus di Tour de France 2023 (1-23 Juli 2023). Ia sudah mengonfirmasi batal mengikuti Tour of Slovenia, 14-16 Juni 2023. Juara dua kali Tour de France itu memang sempat mengalami masalah. Ia cedera saat tampil di Liege-Bastogne-Liege, April lalu.

“Saya berlatih dengan cukup baik saat ini. Sekarang saya dengan mengikuti camp pelatihan dan semoga saya bisa melakukan latihan dengan baik di sini,” kata Pogacar.

Pogacar mengatakan demi bisa optimal di Tour de France (TdF), ia melewatkan Tour of Slovenia. Padahal Tour of Slovenia selama ini banyak dimanfaatkan para cyclist sebagai pemanasan sebelum turun di TdF. 

“Tahun sebelumnya saya selalu mengikuti balapan pemanasan untuk Tour de France, tapi di sisi lain Tour de France terdiri dari 21 etape. Jadi saya rasa istirahat juga perlu agar saya bisa berada di kondisi prima ketika GrandTour,” ungkapnya.

Baca Juga: Tadej Pogacar Turun di Tour de France 2023, Remco Evenepoel Absen

Selama masa penyembuhan, Pogacar mengaku mendapat dukungan besar dari timnya. Ia juga tetap berlatih berjam-jam di atas sepeda dengan tetap didampingi fisioterapi.

"Ini adalah pekerjaan yang berat dan pada 11 Juni saya akan melakukan uji coba di beberapa etape. Kemudian kembali lagi ke kamp pelatihan Sestriere,” katanya.

Pogacar akan menuju Sestriere di Italia untuk menjalani pemusatan latihan terakhir setelah melakukan cek rute di beberapa etape penting pada 11 Juni. Sementara Senin depan ia akan menjalani CT scan di pergelangan tangannya untuk memeriksa kondisi tulang skafoid di pergelangan tangannya.

Jika semuanya berjalan lancer, Pogacar bakal siap kembali bersaing dengan Jonas Vingegaard. "Mudah-mudahan saya akan berada dalam kondisi 100 persen. Mungkin pergelangan tangan saya tidak akan 100 persen, tapi saya rasa kaki saya bisa melakukan 100 persen,” ujar Pogacar.

Sebagaimana diketahui, Pogacar mengalami kecelakaan Liege-Bastogne-Liege, Minggu, 25 April 2023 waktu Indonesia. Akibat kecelakaan itu, ia mengalami patah tulang skafoid. Ia pun sukses menjalani operasi patah tulang skafoid di pergelangan tangan kirinya.(mainsepeda)

Jangan lupa saksian Podcast Mainsepeda terbaru


COMMENTS