Santiago Buitrago Ambil Etape 19 Giro d'Italia, Roglic Tempel Ketat Thomas

Santiago Buitrago (Bahrain Victorious) memenangkan etape 19 Giro d’Italia 2023. Pembalap asal Kolombia itu membuktikan diri menjadi yang terkuat dalam tanjakan terakhir di Tre Cime di Lavaredo. Ia finis sembilan detik lebih cepat dari Derek Gee (Israel-Premier Tech).

“Saya sangat senang dengan kemenangan ini.Bagi saya secara pribadi, balapan hari ini adalah momen tersulit dari Giro. Saya ingin mencoba dan mengangkat tangan saat finis. Datang ke Tre Cime di Lavaredo ini luar biasa,” kata Buitrago usai balapan.

Buitrago mencatat waktu 5 jam 28 menit 7 detik. Pada posisi ketiga ditempati oleh Magnus Cort Nielsen (EF Education-EasyPost). Setelah itu disusul satu peleton besar yang dipimpin oleh Primoz Roglic (Jumbo Vista) dan Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) di posisi kelima.

Lagi-lagi Roglic berhasil mengungguli Thomas saat melewati garis finis. Dengan hasil itu, Roglic memangkas jaraknya di general classification (GC). Kini Roglic mengancam di posisi kedua dan berjarak 26 detik dari Thomas.

Damiano Caruso (Bahrain Victorious) merangkat naik ke posisi keempat. Ia menggeser Eddie Dunbar (Jayco-AIUla) setelah menyelesaikan etape ke-19 di urutan ketujuh. Begitu juga dengan Thibaut Pinot yang naik satu strip ke posisi enam. Sedangkan Thymen Arensman (Ineos Grenadiers) naik dua strip.

Kemenangan itu membuat Buitrago melesat lima peringkat ke posisi 12 GC.

Etape ke-19 ini melintasi Longarone menuju Tre Cime di Lavaredo. Rute sejauh 183 km itu merupakan rute pegunungan dengan lima tanjakan beruntun dan tanpa jeda. Banyak yang menyebut inilah etape terberat.

Pada etape 20 besok merupakan balapan time trial. Pemenangan Giro d’Italia bisa ditentukan dalam tahap ini. Rute ITT itu melintasi Tarvisio – Monte Lussari Tudor sejauh 18,6 km. Rute ke Monte Lussari ini sangat menantang dengan elevasi lebih dari 1000 meter dan gradien 22 persen.(mainsepeda)

Hasil Giro d'Italia 2023 Etape 19

1. Santiago Buitrago, Bahrain Victorious, 5 jam 28 menit 7 detik
2. Derek Gee, Israel-Premier Tech, +9
3. Magnus Cort Nielsen, EF Education-EasyPost, +5
4. Primoz Roglic, Jumbo-Visma, “
5. Geraint Thomas, Ineos Grenadiers, "
6. Joao Almeida, UAE Team Emirates, "
7. Damiano Caruso, Bahrain Victorious,”
8. Thymen Arensman, Ineos Grenadiers, ”
9. Thibaut Pinot, Groupama-FDJ, ”
10. Einer Augusto Rubio Reyes, “

General Classification

1. Geraint Thomas, Ineos Grenadiers, 81 jam 55 menit 47 detik
2. Primoz Roglic, Jumbo-Visma, +26
3. Joao Almeida, UAE Team Emirates, +59
4. Damiano Caruso, Bahrain Victorious, +4:11
5. Eddie Dunbar, Jayco-AIUla, +4:53
6. Thibaut Pinot, Groupama-FDJ, +5:10
7. Thymen Arensman, Ineos Grenadiers, +5:13
8. Lennard Kamna, Bora-Hansgrohe, +5:54
9. Andreas Leknessund, DSM, +6:08
10. Laurens De Plus, Ineos Grenadiers, +7:30


COMMENTS