Cyclist Naik Pesawat, Sepeda TROL CC Diangkut Truk Khusus


TROL CC ketika gowes di Lampung dalam agenda Power Day.

Peserta Antangin Bromo KOM Challenge 2023 mulai berduyun-duyun menuju Surabaya. Terutama peserta yang berasal dari luar Pulau Jawa. Salah satunya komunitas The Road Bike Lampung (TROL). Mereka berangkat menuju Surabaya dengan cara yang unik.

Total ada 41 cyclist yang siap turun di Antangin Bromo KOM Challenge 2023. TROL memang selama ini termasuk komunitas yang paling banyak mengirim anggotanya untuk ikut event yang biasa disebut "kenduri"-nya para cyclist itu.

Nah, keberangkatan mereka ke Surabaya cukup unik. TROL menyiapkan truk khusus untuk mengangkut sepeda. "Saat ini posisi truknya sedang dalam perjalanan menuju Surabaya, sementara cyclist-nya akan berangkat melalui jalur udara,” ujar Edi Liem, Member TROL Lampung. Truk itu berangkat Selasa, 23 Mei 2023.

Antangin Bromo KOM Challenge 2023 sendiri digelar Sabtu 27 Mei 2023. Diikuti 1.600 cyclist. Mereka mewakili 600 komunitas. Para peserta hadir dari seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Total peserta datang dari163 kota/kabupaten, di 36 provinsi se-Indonesia. Tak hanya itu, cyclist dari lima negara juga turut terlibat. 

“Saya sendiri sudah pernah ikut Bromo KOM tiga kali. Bagi saya, ini salah satu event terbaik. Rutenya sangat menantang. Tidak pernah bosan walau sudah berkali-kali ikut di event ini,” tambah Edi Liem.


Truk milik TROL CC saat persiapan berangkat menuju Surabaya.

Menurut Edi Liem, anggota TROL tak sekadar ingin ikut Antangin Bromo KOM Challenge 2023. Mereka semuanya menarget finis strong. Bahkan meraih poin semaksimal mungkin.

Untuk mencapai target itu, mereka rajin latihan nanjak. Salah satu rutenya berlatih di Gunung Sekincau di Lampung Barat. Sementara untuk rute dalam kota, TROL gowes di Bumi Kedaton Loop. Panjangnya 20 kilometer sekali loop. Elevasinya sekitar 600 meter.

Jalanan di Lampung yang sempat viral karena kondisinya yang rusak ternyata tidak menjadi halangan TROL Lampung dalam melakukan persiapan turun di Antangin Bromo KOM Challenge 2023.

“Memang beberapa jalan ada yang rusak, tapi tidak semua. Dan kami latihan memilih jalan yang tidak rusak, walapun ada sedikit yg terpaksa harus dilalui,” kata Edi Liem, lantas tertawa.

Rangkaian Antangin Bromo KOM Challenge 2023 akan dimulai Kamis, 25 Mei 2023. Selama dua hari (Kamis-Jumat), para peserta mulai mengambil starter kit di Surabaya Town Square. Acara puncaknya digelar Sabtu, 27 Mei 2023. Peserta akan diajak bersepeda menaklukkan tantangan. Bersepeda dari start di Balai Kota Surabaya ke menuju Puncak Wonokitri di Bromo. Total jarak yang ditempuh 103 Km.

Pada Minggunya, 28 Mei 2023, Mainsepeda juga menggelar recovery ride. Peserta diajak bersepeda keliling rute Kota Tua Surabaya sejauh 20 Km. 

Antangin Bromo KOM Challenge 2023 ini dipersembahkan oleh Mainsepeda.com dan Antangin. Disponsori oleh Counterpain, Kahf, Azawear, SUB Jersey. Acara ini juga di-support oleh Strive, MPM Distributor Honda, Super O2, KAI (Kereta Api Indonesia), Mayapada Hospital, Azrul Ananda School of Suffering, Wdnsdy Bike, Johnny Ray Cycling, Pemkot Surabaya, BanggaSurabaya, Polda Jawa Timur, Pemkab Pasuruan, Pemkot Pasuruan, Suara Surabaya, Surya, Tribun Jatim, dan Disway.id National Network.(Mainsepeda)

Download GPX Bromo KOM 2023: https://bit.ly/RUTEBROMOKOM2023
Jangan lupa tonton podcast mainsepeda episode 133

 


COMMENTS